Arab Saudi Tolak Penyelidikan Internasional Kasus Khashoggi

Arab Saudi Tolak Penyelidikan Internasional Kasus Khashoggi Jamal Khashoggi

Covesia.com - Arab Saudi pada Kamis waktu setempat menentang penyelidikan internasional atas pembunuhan wartawan Saudi Jamal Khashoggi di Istanbul tahun lalu.

Bandar bin Mohammed al-Aiban, kepala Komisi Hak Asasi Manusia Saudi , mengatakan kepada Dewan HAM PBB di Jenewa bahwa Arab Saudi menolak penyelidikan internasional atas pembunuhan itu.

Berbicara kepada dewan, Al-Aiban mengatakan bahwa pemerintah Saudi telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan kasus ini, termasuk dengan menginterogasi tersangka dan mengadakan tiga kali persidangan.

"Keadilan di Kerajaan Arab Saudi berjalan sesuai dengan hukum internasional dan itu berlaku dalam semua transparansi," tambah dia dilansir Sabtu (16/3/2019).

Turki merupakan salah satu di antara negara-negara yang menyerukan penyelidikan internasional itu.

Khashoggi terbunuh tak lama setelah dia memasuki Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018.

Setelah serangkaian penjelasan yang berubah-ubah, Riyadh berusaha menjatuhkan kesalahan pada operasi rendisi yang dilakukan oknum yang tidak bertanggung jawab.

Banyak tokoh internasional yang meragukan penjelasan itu, beberapa berpendapat bahwa pembunuhan tidak mungkin dilakukan tanpa izin Putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman.

Anadolu Agency/lif

Berita Terkait

Baca Juga