Sebanyak 12 Perguruan Tinggi Asal Taiwan Tawarkan Beasiswa Kepada Pelajar Indonesia

Sebanyak 12 Perguruan Tinggi Asal Taiwan Tawarkan Beasiswa Kepada Pelajar Indonesia Ilustrasi (pixabay)

Covesia.com - Sebanyak 12 perguruan tinggi terbaik asal Taiwan yang hadir di Banjarmasin dalam rangka mengikuti pameran pendidikan tinggi bertajuk "Taiwan Higher Education Fair 2019" menawarkan beasiswa kepada pelajar Indonesia.

"Kami ingin agar murid-murid di Banjarmasin dapat informasi tentang pendidikan tinggi di Taiwan melalui pameran ini," kata Project SpecialistTaiwan Education Center Indonesia Janice Esmeralda di Banjarmasin, Kamis.

Dikatakannya, mereka hadir khusus mengunjungi Kota Seribu Sungai untuk menggelar pameran yang berlangsung di Grand Ballroom Hotel Mercure Banjarmasin.

Kehadiran sejumlah universitas terkemuka di Taiwan, termasuk National Taiwan University yang merupakan perguruan tinggi terbaik dan peringkat pertama di negara Asia Timur itu harus bisa dimanfaatkan pelajar sebaik-baiknya.

"Ini kesempatan terbaik bagi yang mungkin berminat kuliah di Taiwan. Apalagi sekarang Taiwan juga lagi membuka banyak beasiswa. Targetnya, semakin banyak murid di Indonesia termasuk asal Kalimantan Selatan yang kuliah ke Taiwan," tuturnya.

Kualitas pendidikan tinggi di negara yang beribukota di Taipei itu dijamin kemajuannya, tumbuh pesat dalam pengembangan teknologi informasi. Terlebih bahasa utamanya Mandarin yang sudah mulai menjadi bahasa internasioal setelah Bahasa Inggris.

Sementara itu Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Dr H Sutarto Hadi mengaku turut senang dan bangga atas berkenannya 12 perguruan tinggi asal Taiwan bisa menggelar promosi secara langsung di Banjarmasin.

Apalagi ULM juga berhasil merealisasikan kerja sama dalam bentuk penandatanganan Nota kesepahaman (Memorandum of Understanding atau MoU). Sehingga ULM terus mengepakkan sayapnya ke luar negeri melalui jalinan kerjasama internasional tersebut.

"Dari sekian banyak perguruan tinggi yang ada di Indonesia, ULM terpilih. Tentu ada kepercayaan dari akademisi di Taiwan terhadap kualitas pembelajaran yang kita bangun dan jalankan saat ini," kata Sutarto yang didampingi Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Humas Prof Dr Ir H Yudi Firmanul Arifin dan Direktur Kantor Urusan Internasional ULM Arief Budiman.

Di sisi lain, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina yang didaulat membuka pameran juga turut memberikan apresiasi kepadaTaiwan Education Center Indonesia.

"Yang jadi istimewa, hanya ada dua tempat digelarnya pameran ini, yakni sebelumnya di Bandung dan sekarang di Banjarmasin. Tentu ada peran ULM yang besar juga dalam terwujudnya kegiatan ini," katanya.

Ibnu Sina juga meyakini bahwa Banjarmasin dan Provinsi Kalimantan Selatan secara umum telahdilirik perguruan tinggi luar negeri seperti Taiwan sebagai pasar mencari mahasiswa.

"Kami ucapkan selamat juga kepada ULM telah berhasil menjalin kerjasama dengan universitas terkemuka di Taiwan yang mana rata-rata mereka masuk ranking 100 besar dunia," pungkasnya. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga