Di Sumbar, Program Sertifikasi Halal Jokowi Sudah Berjalan

Di Sumbar Program Sertifikasi Halal Jokowi Sudah Berjalan Joko Widodo

Covesia.com - Seusai menghadiri acara Gebyar Bakso Merah Putih, di Lapangan Deltamas, Desa Hegarmukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo menjawab pertanyaan wartawan mengenai Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Produk Halal.

Saat dimintai pendapat, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa RPP tentang Produk Halal ini bagus sekali terutama untuk usaha di sektor mikro dan kecil untuk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

“Contoh tadi pedagang mie ayam, pedagang bakso, dan mungkin pedagang kecil lainnya yang gerobakan. Itu semua mereka minta sertifikasi halal,” cerita Presiden.

Oleh sebab itu, lanjut Presiden, setelah RPP ini terbit yang pengusaha kecil seperti ini tidak dipungut apa-apa, langsung cek, beri, dan begitu seterusnya, biar semuanya clear.

Mengenai target penerbitan RPP, Presiden menyampaikan bahwa ini masih dalam proses dibahas karena ini menyangkut usaha-usaha mikro dan kecil yang banyak sekali.  

“Jangan sampai nanti setelah lolos ternyata masih ada masalah-masalah di lapangan. Ini kita perlu detail, perlu detail,” ujarnya.

Kendati demikian, di Provinsi Sumatera Barat Sudah mulai dijalankan oleh Dinas Industri dan Tenaga Kera bersama Dekranasda Sumbar. Terpantau dari beberapa grup WhatsApp UMKM Sumatera Barat telah banyak UMKM yang mengumpulkan persyaratan halal, seperti izin kesehatan I-PIRT dan fotocopy KTP. 

Hal ini tentu saja membuat UMKM bahagia, Nina salah satu UMKM keripik yang senang dengan rencana baik Presiden tersebut.

"Insyaallah hari Kamis (14/3/2019) kami akan berkumpul di Aula Perindag Jl. Aur No 1 Padang, semoga sinergi antara pemerintah pusat dan daerah ini terus berlanjut. Kami pelaku UMKM Sumbar sangat senang dengan kebijakan seperti ini." Tutur Nina.

(lif)

Berita Terkait

Baca Juga