21 Kecamatan di Babel Terancam Cuaca Ekstrem

21 Kecamatan di Babel Terancam Cuaca Ekstrem Ilustrasi (pixabay)

Covesia.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengeluarkan peringatan dini bahwa 21 kecamatan di wilayah itu terancam cuaca ekstrim, sehingga warga harus waspada akan terjadinya bencana banjir.

"Hari ini potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang terjadi di 21 kecamatan," kata Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Selasa (12/3).

Ia mengatakan hujan berintensitas sedang – lebat yang dapat disertai kilat, petir dan angin kencang diperkirakan terjadi di Kecamatan Belinyu, Riausilip, Sungailiat, Bakam, Pemali, Puding Besar, Mendo Barat, Simpang Kates, Sungaiselan, Parittiga dan Kecamatan Kelapa.

Cuaca ekstrim ini dapat meluas ke wilayah Kecamatan Merawang, Kota Pangkalpinang, Pangkalanbaru, Namang, Koba, Lubuk Besar, Jebus, Sp Rimba, Payung, Air Gegas dan sekitarnya yang diperkirakan masih dapat berlangsung dari siang hingga sore hari ini.

"Kami mengimbau masyarakat untuk mewaspadai hujan lebat disertai petir dan angin kencang, karena dapat mengancam keselamatan jiwa," ujarnya.

Menurut dia, untuk mengantisipasi bencana alam yang ditimbulkan hujan lebat, petir dan angin kencang ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD kabupaten/kota, camat, lurah dan kades untuk tetap bersiaga mewaspadai banjir, pohon tumbang, sambaran petir dan lainnya.

Selain itu, pihaknya juga telah mensiagakan tim reaksi cepat untuk membantu masyarakat apabila terjadi bencana alam di 21 kecamatan tersebut.

"Kami berharap pemerintah kabupaten/kota dan masyarakat melapor jika terjadi bencana, agar tim reaksi cepat ini bisa dengan cepat melakukan pertolongan, evakuasi dan menyalurkan bantuan makanan, obat-obatan dan lainnya yang dibutuhkan korban bencana alam di daerah ini," katanya. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga