Caleg PBB yang Terjerat Kasus Pencabulan Anak di Padang Diberhentikan Sementara

Caleg PBB yang Terjerat Kasus Pencabulan Anak di Padang Diberhentikan Sementara Sekretaris DPW PBB Sumbar Zaldi Heriwan membacakan sikap partai terhadap kasus oknum caleg disaksikan Ketua DPW PBB Sumbar Ardinal Hasan, Ketua DPC PBB Padang Zulkifli Aziz dalam konferensi pers di Sekretariat DPC PBB Padang, Jumat (22/2).( Fadli/covesia)

Covesia.com-Partai Bulan Bintang (PBB) mengambil langkah cepat setelah salah satu caleg dari partai tersebut tersandung kasus pencabulan anak dibawah umur. 

Sekretaris DPW PBB Sumbar, Zaldi Heriwan mengatakan, pihaknya sangat prihatin terhadap caleg PBB Kota Padang YR (57) yang ditangkap jajaran Polresta Padang pada Selasa (19/2) atas dugaan tindakan pencabulan terhadap dua bocah di bawah umur.

"Kami sangat prihatin terhadap kejadian tersebut. Meskipun begitu, kita meminta pihak kepolisian untuk mengusut tuntas kasus ini dan itu kita mendukung sepenuhnya penegakan hukum," ujar Zaldi Heriwan saat konfrensi pers di Sektetariat DPC PBB Kota Padang, Jumat (22/2/2019).

Menurutnya, secara kelembagaan ia mengedepankan asas praduga tak bersalah sampai kasus tersebut memiliki kepastian hukum tetap, "Jika nanti terbukti bersalah yang bersangkutan akan dipecat secara tidak hormat," sebutnya. 

Sementara itu, Ketua DPC PBB Kota Padang Zulkifli Aziz menyebutkan, setelah penangkapan, pihaknya langsung melakukan rapat internal partai. "Kita sudah melakukan rapat pleno, hasilnya YR diberhentikan sementara sampai putusan hukumnya tetap," sebutnya.

Sebelumnya, pengurus DPC PBB Kota Padang telah mendatangi Mapolresta Padang untuk mengunjungi YR, namun urung bertemu dengan YR. 

"Tidak satu pun parpol yang ingin mengalami persoalan seperti ini. Namun, hal tersebut sudah terjadi," jelasnya. 

(dil/adi)

Berita Terkait

Baca Juga