14 Anak Pengidap HIV/AIDS di Solo akan Kembali Bersekolah Besok

14 Anak Pengidap HIVAIDS di Solo akan Kembali Bersekolah Besok Rumah khusus anak dengan HIV/AIDS atau ADHA di Yayasan Lentera Kompleks Taman Makam Pahlawan Kusuma Bakti, Solo, Jawa Tengah. (Istimewa)

Covesia.com- 14 siswa SD pengidap HIV/AIDS di Solo Jawa Tengah akhirnya bisa kembali bersekolah di tempat yang baru. Mereka sempat berhenti sekolah karena dapat penolakan dari orang tua siswa. 

Pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan Kota Solo pun akhirnya berkordinasi dengan rumah khusus anak dengan HIV/AIDS atau ADHA di Yayasan Lentera yang menampung anak- anak tersebut. Solusi yang diberikan adalah dengan dicarikan sekolah baru yang siap menerima anak- anak tersebut.

BacaBeberapa Sekolah Siap Tampung 14 Anak Pengidap HIV/AIDS di Solo

Al hasil, ada beberapa sekolah yang siap menampung ke- 14 anak tersebut. Mereka akan mulai kembali bersekolah di tempat yang baru, besok Rabu (20/2).

"Siang tadi kita ketemu sama beberapa sekolah dan ditindak lanjuti dengan dinas pendidikan. Intinya hari ini ada kesepakatan anak anak Lentera bisa diterima dibeberapa sekolah. Mulai besok secara bertahap anak anak sudah bisa sekolah mas," kata Ketua Yayasan Lentera Solo Yunus Prasetyo kepada Covesia.com, Selasa (19/2/2019).

Menurut Yunus, beberapa sekolah tersebut jaraknya tidak terlalu jauh dengan lokasi Yayasan Lentera. "Lokasinya gak jauh dari yayasan masih diwilayah kota Solo," pungkas dia.

Dia berharap kejadian penolakan seperti ini tidak terulang lagi. Di mana yang terdampak adalah anak anak. Ia pun meminta agar seluruh lapisan masyarakat bisa bergandengan tangan untuk membantu dan mendukung anak anak yatim piatu yang terinfeksi HIV ini.

"Agar (mereka) bisa tumbuh dan berkembang selayaknya anak anak yang lain. Serta menjadi generasi penerus yang mampu berkontribusi bagi bangsa dan negara ini," tegas dia.

Baca juga: 14 Siswa SD Pengidap HIV/AIDS di Solo Dikeluarkan dari Sekolah

(jon)



Berita Terkait

Baca Juga