Mengaku Dibohongi Partai, Beberapa Caleg PSI Payakumbuh Mundur

Mengaku Dibohongi Partai Beberapa Caleg PSI Payakumbuh Mundur Ilustrasi

Covesia.com - Merasa kecewa dengan visi misi dan aktivitas partai, beberapa caleg PSI Kota Payakumbuh mengundurkan diri dari segala aktivitas kepartaian. Bahkan mengecam tindakan PSI yang masih menganggap mereka sebagai kader dengan mengupload foto mereka ke media sosial.

Hal ini diutarakan Ros Indra Desnita Amran yang mengatakan dirinya beserta beberapa caleg perempuan lain dari PSI Payakumbuh telah mundur dan tidak lagi terlibat dalam urusan kepartaian, baik sebagai caleg maupun kader PSI.

“Beberapa caleg PSI perempuan di Payakumbuh sudah banyak yang mundur. Tapi pernyataan mundur kami sepertinya tidak dihargai oleh pengurus partai karena masih mengupload foto kami ke medsos sebagai kader maupun caleg PSI,” kata Ros Indra, Senin (18/02/2019).

Alasan banyaknya caleg perempuan yang mundur dikarenakan dua hal. Pertama tidak terealisasinya janji partai kepada caleg untuk memodali kampanye. Kedua, adanya pernyataan Ketum PSI yang menentang perda Syariah.

“Pertama kami kami kecewa dianggap seperti pengemis karena meminta janji partai yang akan memodali kami untuk berkampanye. Kedua karena adanya pernyataan ketum PSI yang menentang perda Syariah. Jadi selama ini kami telah dibohongi oleh PSI, makanya kami ini mundur,” kata Ros lagi.

Terpisah salah satu pengurus PSI Kota Payakumbuh, Agus Bodi membenarkan Ros Indra Desnita Amran serta beberapa caleg lainnya mengundurkan diri dari PSI. Namun secara aturan dan perundang undangan KPU tidak bisa lagi mundur karena sudah terdaftar secara resmi masuk Daftar Calon Tetap ( DCT).

“Yang bisa dinyatakan mundur sebagaimana aturan KPU bila caleg terkena kasus pidana atau meninggal dunia. Jadi walaupun secara pribadi menyatakan mundur kepada partai, yang bersangkutan tetap caleg PSI sampai pemilu 2019. Karena ada aturan yang menyatakan yang bersangkutan tidak bisa lagi untuk mundur secara resmi dalam pemilu 2019,” kata Agus.

Kontirbutor Payakumbuh : Hajrafiv Satya Nugraha  

Berita Terkait

Baca Juga