Anggaran untuk Pengembangan Wisata Danau Sentarum Capai Miliaran Rupiah

Anggaran untuk Pengembangan Wisata Danau Sentarum Capai Miliaran Rupiah Danau Sentarum

Covesia.com - Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu mengaalokasikan anggaran miliaran rupiah untuk pengembangan wisata Danau Sentarum melalui dana alokasi khusus.

"Prioritas pengembangan wisata kita masih di kawasan Danau Sentarum," kata Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kapuas Hulu, Junaidi di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Minggu (17/2/2019).

Menurut Junaidi, pengembangan wisata Danau Sentarum itu lebih fokus kepada pembangunan sarana dan prasarana dan juga peningkatan sumber daya manusia seperti pelatihan susur goa serta pemandu ekowisata.

Ia menyampaikan beberapa pembangunan tersebut yaitu melanjutkan pembangunan dermaga Kedungkang, jalan setapak dan tiga buah gazebo.

Dikatakan Junaidi, untuk pembangunan dermaga sebesar Rp1,9 miliar, lokasi parkir Rp200 juta dan sejumlah sarana dan prasarana lainnya.

"Memang secara bertahap kita benahi sarana dan prasarana di lokasi wisata, karena jika ingin sekaligus kita terbentur anggaran," ucap Junaidi.

Menurut dia, dalam pengembangan wisata Danau Sentarum juga ada keterlibatan sejumlah dinas terkait seperti pembangunan infrastruktur jalan Lanjak - Kedungkang melalui Dinas Penataan Ruang dan Cipta Karya Kapuas Hulu dan ada beberapa juga pembangunan dari Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum Kapuas Hulu.

"Yang jelas untuk memajukan wisata itu bukan hanya tugas Dinas Pariwisata, banyak kaitannya dengan dinas lain terlebih lagi Pemerintah Pusat," kata Junaidi.

Seperti halnya pelaksanaan Festival Danau Sentarum, kata Junaidi juga ada keterlibatan dari Kementerian Pariwisata, namun memang kita harapkan semua pihak terus mendorong berkembangnya wisata Danau Sentarum.

(Ant/sea)

Berita Terkait

Baca Juga