5 Masalah yang Sering Muncul Dalam Perjalanan Saat Gunakan Mobil

5 Masalah yang Sering Muncul Dalam Perjalanan Saat Gunakan Mobil ilustrasi foto: Pixabay

Covesia.com - Saat bepergian dengan menggunakan mobil, tentu anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Persiapan fisik untuk menyetir, rute perjalanan, hingga kondisi mobil harus anda pikirkan dengan baik.

Dalam perjalanan, banyak hal yang mungkin terjadi terutama jika anda dalam perjalanan jauh. Kelima hal di bawah ini adalah masalah yang paling sering timbul ketika anda bepergian menggunakan mobil. Sebelum memulai perjalanan, ketahui risiko dan cara mengatasinya.

Mobil Overheat

Dalam perjalanan panjang, anda harus pintar menyiasati penggunaan mobil agar tidak terjadi pemanasan berlebih atau overheat. Kondisi ini biasanya terjadi karena mobil dipacu dalam jangka waktu yang lama atau mengalami kemacetan dalam durasi yang panjang.

Untuk mencegahnya, biasakan cek air radiator sebelum berangkat dan gunakan air radiator yang sesuai. Jika sudah telanjur panas, anda harus beristirahat dan biarkan mobil mendingin. Setelah mobil mulai dingin, barulah anda bisa mengecek radiator dan air di dalamnya.

Ban bocor 

Jika terjadi ketika mobil sedang tidak melaju tinggi, kerusakan pada ban bisa diatasi dengan tenang. Lain halnya jika hal tersebut terjadi ketika mobil sedang berlari cepat, akibatnya bisa fatal dan bahkan menyebabkan kecelakaan.

Sebelum berangkat, cek kondisi seluruh ban termasuk ban cadangan yang ada di mobil anda. Jika anda cukup terampil, penggantian ban sebenarnya bisa dilakukan sendiri. Oleh karena itu, bawa juga perkakas seperti dongkrak kecil dan kunci-kunci untuk membantu anda selama perjalanan.

Kehabisan bensin

Terkadang, anda bisa saja tidak memonitor sisa bensin yang ada pada mobil karena terlalu fokus dengan perjalanan. Tentu saja hal tersebut tidak akan menjadi masalah jika anda berada di jalur yang ramai. Namun akan berbeda cerita jika anda berada di dalam jalan tol.

Untuk itu, biasakan selalu menyimpan nomor layanan derek di tol. Jika tiba-tiba anda mengalami habis bensin, anda bisa menelepon nomor darurat dan meminta untuk diderek ke SPBU terdekat.

Tersesat

Malu bertanya sesat di jalan. Peribahasa tersebut memang benar adanya. Walaupun saat ini sudah ada aplikasi peta berbasis GPS yang bisa diunduh di smartphone, tidak ada salahnya anda juga mengandalkan informasi dari orang yang anda temu di jalan.

Sering terjadi, pengemudi akan panik dan sulit membaca peta ketika merasa tersesat. Oleh karena itu, kombinasikan informasi yang Anda dapat dari aplikasi dan arahan orang secara langsung agar anda tidak mudah tersesat.

Keselamatan perjalanan

Dalam mengendarai mobil jarak jauh, anda harus ekstra hati-hati. Medan jalan yang belum diketahui hingga banyaknya truk dan bus antar kota di jalan bisa meningkatkan risiko kecelakaan yang tidak diinginkan.

Untuk mendapatkan kenyamanan selama perjalan, sebaiknya anda siapkan kondisi mobil dan segala kebutuhan perjalanan jauh-jauh hari. Selain itu, manfaatkan juga layanan lain seperti mobil derek dan asuransi kendaraan bermotor bila diperlukan.

Dengan persiapan yang matang, perjalanan panjang anda tentu akan terasa menenangkan dan menyenangkan.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga