Beredar Isu Tsunami, Warga Mentawai Tinggalkan Rumah Mereka pada Malam Hari

Beredar Isu Tsunami Warga Mentawai Tinggalkan Rumah Mereka pada Malam Hari Ilustrasi (Ist)

Covesia.com - Warga Desa Sikabaluan, Siberut utara, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat meninggalkan rumah mereka dan mengungsi ke dataran tinggi pada malam hari. Berdasarkan informasi yang diperoleh covesia, diketahui bahwa kebanyakan warga mengungsi ke arah Tamairang akibat isu tsunami yang beredar di kawasan tersebut. 

"Sejak hari Selasa (12/02/) sampai sekarang, warga Sikabaluan sudah mengungsi karena ada isu akan terjadi gempa besar dan tsunami yang beredar ditengah masyarakat, " ungkap Maria warga setempat kepada covesia, Jumat (15/02/209). 

Maria mengatakan, warga mengungsi ke dataran tinggi pada malam hari, dan kembali ke rumah mereka pada pagi harinya. 

"Kalau pagi, anak-anak sekolah seperti biasa, kantor pemerintahan juga berjalan seperti biasa. Namun, malam memilih tidur di tempat ketinggian hingga menjelang pagi. Warga begitu dihantui ketakutan akan ditimpa bencana tsunami dengan beredarnya kabar hoaks. Padahal, yang namanya bencana tidak ada yang tahu, ya kapan persis waktunya," tutur Maria. 

Meskipun sudah ada himbauan dari pemerintah, namun warga dikawan tersebut tetap memilih mengungsi. Karena secara geografis Desa Sikabaluan dekat pantai dengan dataran luas tanpa perbukitan. Hal tersebut membuat warga meninggalkan rumah dan memilih tidur ditempat ketinggian. 

Reporter Mentawai: Kornelia Septin Rahayu 

Berita Terkait

Baca Juga