5 Tips Rawat Helm Agar Awet dan Tidak Bau

5 Tips Rawat Helm Agar Awet dan Tidak Bau ilustrasi

Covesia.com - Helm merupakan perlengkapan wajib pengendara sepeda motor karena bertujuan untuk melindungi kepala anda. Bagi anda pengendara motor, menggunakan helm setiap hari atau sering dipakai akan menimbulkan bau yang tidak nyaman.

Berikut ini adalah tips merawat helm agar tidak bau dan menjadikan helm anda awet dirangkum covesia.com dari berbagai sumber:

1. Gunakan helm saat rambut sudah kering

Sebelum bepergian, pastikan rambutmu sudah kering betul agar bagian dalam helm tidak basah. Tapi meski rambut sudah kering, keringat yang keluar dari kulit kepalamu bisa membasahi bagian dalam helm dan membuatnya cepat berjamur. Kamu bisa memakai head cap seperti yang disediakan para pengendara ojek online, agar rambut dan bagian dalam helm tetap terjaga kering.

2. Kaitkan helm di ujung jok, bukan digantung di spion

Saat sampai di tempat tujuan dan ingin meninggalkan helm di sepeda motor, sebaiknya kaitkan di jok, bukan digantung di spion. Ketika kamu menggantung helm di spion, potensi jatuhnya akan lebih besar. Bukan cuma bikin helm kotor, bagian luar atau kacanya bisa lecet dan retak.

3. Simpan helm dengan benar

Setelah sampai di rumah, simpan helm dalam posisi terbalik agar bagian dalamnya mengering dengan sendirinya. Atau letakkan seperti biasa, tapi pastikan bagian pengatur sirkulasi udaranya terbuka.

4. Cuci busa helm minimal dua minggu sekali

Saat membeli helm, pilihlah yang bagian busanya dapat dibongkar pasang. Minimal dua minggu sekali, kamu sebaiknya mencuci busa tersebut dengan cara merendamnya saja dalam air hangat, kemudian dijemur sampai kering. Hal ini untuk mencegah pertumbuhan bakteri jahat, yang menimbulkan bau kurang sedap dan gatal-gatal di kepala.

5. Semprotkan parfum rendah alkohol

Agar helm kesayanganmu selalu wangi, kamu bisa juga menyemprotkan parfum rendah alkohol beberapa jam sebelum dipakai. Parfum dengan kadar alkohol tinggi bisa merusak busa helm.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga