Beri Kuliah Umum di UIN Imam Bonjol, Bawaslu Kota Padang Ingatkan Ma'ruf Amin Jangan Kampanye

Beri Kuliah Umum di UIN Imam Bonjol Bawaslu Kota Padang Ingatkan Maruf Amin Jangan Kampanye Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin (Foto: Covesia/ Debi Kurnia)

Covesia.com - Tidak hanya berziarah ke makam ulama di Sumatera Barat (Sumbar), calon wakil presiden Ma'ruf Amin juga diagendakan memberi kuliah umum di Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, Jumat (8/2) besok.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang meminta Ma'ruf Amin bersama rombongan untuk tidak memanfaatkan tempat pendidikan untuk berkampanye. Imbauan tersebut telah disampaikan Bawaslu kepada pihak kampus. 

"Ya, kami sudah kirim surat imbaun ke pihak kampus tadi," kata Ketua Bawaslu Padang, Dorri Putra saat dikonfirmasi, Kamis (7/2/2019).

Menurut Dorri, penyelenggara pemilu fungsinya mengawasi lantaran pelarangan kampanye di tempat ibadah, fasilitas pemerintah dan tempat pendidikan sudah diatur dalam pasal 280 ayat 1 huruf h Jo pasal 521 UU Nomor & Tahun 2017 Tentang pemilu.

"Bagi yang melanggar, terancam pidana penjara paling lama 2 tahun dan denda paling banyak Rp 24 juta. Kami menjalankan pencegahan sesuai amanat undang-undang," sebutnya.

Kemudian pihak kampus juga dapat mewanti terjadinya potensi kampanye di ruang pendidikan saat kedatangan Kiai Ma'ruf Amin di UIN IB Padang.

"Kalau kuliah umum itu tidak masalah. Tapi kalau yang bersangkutan kampanye visi dan misi, membawa alat peraga kampaye, seperti foto paslon, sampai mengajak mahasiswa pilih paslon, itu yang melanggar," sebutnya.

(dil)

Berita Terkait

Baca Juga