5 Investasi ini Patut Anda Coba Sebelum Menginjak Usia Tua

5 Investasi ini Patut Anda Coba Sebelum Menginjak Usia Tua ilustrasi foto: Pixabay

Covesia.com - Investasi menjadi salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk memiliki banyak uang, dan kenyamanan di masa tua. Semakin dini anda berinvestasi, maka semakin baik pula hasil yang akan anda dapatkan dalam jangka panjang.

Usia produktif seseorang ialah sekitar 20 hingga 40 tahun. Usia tersebut merupakan usia keemasan untuk seseorang dalam meraih impian dan kesuksesan. Semangat bekerja dan ambisi sedang tinggi-tingginya, namun terkadang kita lupa bahwa hasil kerja keras yang kita dapat justru habis karena sikap hedon atau foya-foya. Sehingga di masa tua nggak ada yang tersisa.

Nah dari pada anda habiskan uang untuk hal hal yang tidak perlu, yuk belajar investasi sejak muda, agar masa depan lebih terjamin.

1. Menabung di Bank

Kegiatan menabung sepertinya tidakak asing ditelinga. Alih-alih menyimpan uang dikasur, mayoritas masyarakat Indonesia sudah paham dan tidak perlu dijelaskan lagi kalau menabung itu perlu banget untuk menjamin masa depan.

Tabungan bisa diambil sewaktu-waktu dengan resiko yang minim. Tentunya tabungan ini juga bisa dijadikan investasi ke level yang lebih tinggi kalau nanti uang anda terkumpul dari waktu ke waktu.

2. Investasi emas batangan

Bagi anda yang pemula, tidak usah ragu menyisihkan gaji untuk berinvestasi emas dalam bentuk batangan. Emas adalah bentuk investasi yang cukup menguntungkan dengan modal yang tidak terlalu besar. Kalau anda masih takut-takut, mulailah untuk membeli perhiasan terlebih dahulu. Kumpulin aja dikit-dikit lama-lama jadi bukit.

3. Saham

Mendengar kata saham sepertinya meragukan dan ribet, tapi tenang aja, tidak ada salahnya kok belajar pelan-pelan perihal menanam saham di perusahaan terbuka atau publik. Biasanya, perusahaan terbuka atau yang punya embel-embel Tbk, memiliki 300 pemegang saham. Nah, anda bisa mencoba untuk jadi salah satu pemegang sahamnya.

4. Investasi property 

Kalau investasi yang satu ini tentu modalnya tidak sedikit, perlu kesabaran untuk mewujudkannya. Tapi bukan berarti anda tidak bisa mencoba, mumpung usia masih daun muda, nggak ada salahnya untuk menabung mulai sekarang untuk membeli apartemen atau rumah yang bisa anda sewakan.

5. Investasi pendidikan

Pendidikan adalah investasi yang sangat-sangat berharga. Jangan berhenti di kelas sarjana, anda bisa mengambil master atau sekolah apa aja yang sifatnya informal. Bisa berupa khursus, masuk pondoka atau hal lain. Intinya adalah belajar untuk menambah ilmu yang tidak ada matinya. Semakin banyak yang anda kuasai maka semakin cerah masa depan anda.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga