4 Kamar Tahanan Pendamping Lapas Kelas II A Bukittinggi Ludes Terbakar

4 Kamar Tahanan Pendamping Lapas Kelas II A Bukittinggi Ludes Terbakar Slalah satu ruangan yang terbakar dalam peristiwa kebakaran di Lapas Kelas II A Bukittinggi. Foto: Debi Kurnia

Covesia.com - Empat kamar tamping (Tahanan Pendamping) di lembaga pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Biaro, Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) hangus terbakar pada persitiwa yang terjadi Senin (21/1/2019) siang pukul 13.30 WIB. 

Kalapas Bukittinggi, Marten mengatakan ada empat dari delapan kamar tahanan pendamping di blok D Wisma Kamboja yang ludes dilalap si jago merah.

"Beruntung saat peristiwa kebakaran terjadi seluruh kamar dalam keadaan kosong di mana tamping tengah bertugas penggantian shift di lokasi tugas mereka masing-masing," sebutnya.

Lebih lanjut, Marten menjelaskan peristiwa kebakaran pertama kali diketahui oleh warga binaan yang berada di kamar tiga yang melihat kobaran api dari kamar empat dan langsung menginformasikan ke petugas jaga.

"Delapan kamar yang berada di blok D wisma Kamboja dihuni oleh 74 orang narapidana yang diberi kepercayaan sebagai tamping dan akibat peristiwa kebakaran 39 orang tamping yang kamarnya terbakar dipindahkan ke kamar lain yang berada di blok A, B dan C," tambahnya. 

Tujuh unit pemadam kebakaran dari Bukittinggi, Agam dan Padang Panjang dikerahkan ke lokasi kejadian untuk memadamkan api. Api baru dapat dijinakkan 2 jam kemudian.

(deb/rdk) 

Berita Terkait

Baca Juga