Setelah Dilarang, Menggunakan Kursi Roda Abraham Salat di Depan Tempat Wudu

Setelah Dilarang Menggunakan Kursi Roda Abraham Salat di Depan Tempat Wudu Foto: instagram

Covesia.com - Abraham Ismed (26) mengungkapkan, usai 'perselisihan' dia dengan petugas keamanan Masjid Raya Sumbar, terkait larangan salat membawa kursi roda ke ruang utama masjid, dia akhirnya melaksanakan salat di depan tempat wudu. 

Menurutnya, kejadian tersebut terjadi setelah salat Ashar, ia bersama teman-teman disabilitas lainnya berencana untuk beristirahat.

"Waktu salat Ashar, saya salat di luar, di lantai dua masjid. Setelah itu baru datang petugas keamanan," sebutnya saat dikonfirmasi Covesia, Senin (21/1/2019). 

Dia melanjutkan, "ketika salat Maghrib, kemudian akhirnya ada orang yang peduli dan saya diminta naik kembali ke atas. Kalau terjadi apa-apa dia yang akan bertanggung jawab."

"Tetapi saya tetap salat di depan tempat wudu di teras luar dan tidak masuk sampai ke dalam (ruang utama)," sebutnya.

Saat waktu Isya masuk, katanya, dia salat di taman masjid lantaran tidak ingin terjadi keributan dengan pihak keamanan Masjid Raya Sumbar. 

"Karena takut cari ribut, saya salat Isya di luar saja, setelah itu baru pulang," sebutnya.

Abraham menjawab pernyataan Ketua Harian Pengurus Masjid Raya Sumbar, Yulius Said terkait arahan petugas yang diberikan kepadanya, bahwa dia sudah mengonfirmasi petugas masjid terkait ketersediaan kursi roda khusus. 

"Sebelumnya, saya sudah bertanya kepada satpam, apakah (pengurus) masjid sudah menyediakan kursi roda untuk penyandang disabilitas atau tidak. Kami juga bertanya, kapan adanya? Mereka menjawab belum jelas dan tidak pasti," ujarnya.

Dia juga berharap, ke depan disediakan akses yang lebih baik bagi penyandang disabilitas. Kemudian untuk difabel juga disediakan air untuk menyucikan roda.

"Lebih baik disediakan, kalau kursi roda, saya jamin bersih. Jok dan busa duduk saya ganti tiap hari, kursi selalu saya bersihkan. Sebab, bagi saya kursi ini pengganti kaki, yang memang tidak bisa dipisahkan dari badan saya, apabila terkena najis atau bau pasti saya sendiri di atas sini yang risih," tuturnya.

(dil/rdk)

Baca: Menyedihkan! Seorang Penyandang Disabilitas Disuruh Salat di Luar Masjid

Baca juga: Beredar Video Pengusiran Penyandang Disabilitas, Ini Kata Pengurus Masjid Raya Sumbar

Berita Terkait

Baca Juga