Ini Dia Manfaatnya Anda Punya Dua Rekening, Bisa Bikin Berhemat

Ini Dia Manfaatnya Anda Punya Dua Rekening Bisa Bikin Berhemat ilustrasi foto: Pixabay

Covesia.com - Apakah anda termasuk orang yang sering kebingungan dalam mengatur keuangan dengan rekening bank? Atau merasa cukup nyaman menyimpan semua gaji dan bonus dalam satu rekening bank?

Memiliki tabungan merupakan hal yang wajib demi mempersiapkan masa depan. Tabungan juga akan jadi dana cadangan sewaktu-waktu kita membutuhkan. Nah, salah satu tips agar kita bisa lebih hemat adalah dengan membuka dua rekening.

Meskipun terlihat sepele, ternyata memiliki dua rekening berbeda untuk tabungan dan kebutuhan cukup ampuh membuat kita tidak ‘mengganggu’ uang yang diperuntukkan untuk menabung.

Sering sekali ketika seseorang memiliki satu rekening tabungan dan melihat ada saldo yang cukup banyak, maka orang tersebut tergoda untuk menggunakan uang tersebut. Padahal, sebenarnya uang yang digunakan itu seharusnya merupakan uang untuk ditabung.

Dengan menggabungkan rekening kebutuhan dan rekening tabungan, sangat riskan untuk digunakan sehingga wajar saja jika banyak orang yang gagal untuk menabung.

Cara ini memang terlihat sederhana, tetapi cara ini terbukti cukup ampuh membuat orang berpikir ulang ketika ingin menggunakan uang dari rekening tabungan. Memang terkadang godaan masih tetap sulit dihadapi tetapi dengan memisahkan dua rekening bank tadi, kita akan lebih tau mana uang yang harus digunakan dan mana uang yang sebenarnya untuk ditabung.

Jika kamu hanya punya satu rekening di bank, misalnya berisi uang Rp 50 juta, maka kamu akan cenderung berpikir jika uangmu masih banyak. Kamu pun bakal berbelanja dengan brutal tanpa takut saldo habis karena merasa uangmu masih banyak.

Tidak heran jika tabungan seringkali tidak mengalami peningkatan (bahkan berkurang drastis) karena menganggap tabungan masih banyak.

Bandingkan jika rekening yang biasa kamu pakai untuk hidup sehari-hari dan belanja hanya terisi Rp 10 juta, maka kamu akan berpikir, "Uang di rekening hanya sekian, harus pintar-pintar menjaga pengeluaran."

Untuk mengantisipasi keborosan yang tak diinginkan, kamu sangat disarankan untuk membuat dua rekening tabungan. Satu rekening untuk dana operasional (dana hidup setiap bulan) dan satu rekening untuk tabungan, serta satu rekening lagi untuk melakukan transaksi. Setelah menerima gaji, langsung pisahkan berapa yang akan kamu tabung dan berapa yang akan dibelanjakan.

Baca juga: BI Sarankan Nasabah Pisahkan Tabungan Guna Hindari Skimming

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga