Menlu Turki-AS Bahas Suriah Melalui Telpon

Menlu TurkiAS Bahas Suriah Melalui Telpon Ilustrasi (mirror)

Covesia.com - Menteri luar negeri Turki dan timpalannya dari AS berbicara melalui telepon, kata beberapa sumber diplomatik Turki pada Sabtu (12/1).

Mevlu Cavusoglu dan Mike Pompeo membahas perkembangan terkini di Suriah, kata sumber tersebut --yang meminta agar jatidiri mereka tidak disebutkan karena keterbatasan berbicara dengan media.

Percakapan melalui telepon itu dilakukan selama kunjungan Pompeo ke sembilan negara di Timur Tengah, yang bertujuan menekan kembali semua sekutu AS setelah keputusan Presiden AS Donald Trump untuk menarik tentara dari Suriah.

"Hari ini, kami membahas perkembangan terkini dan langkah yang mesti dilakukan (di Suriah)," kata Cavusoglu pada Sabtu, dalam satu acara di Provinsi Antalya di Turki Selatan.

Cavusoglu mengatakan Washington memutuskan untuk menarik tentaranya dari Suriah setelah sikap tegas Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk menghilangkan ancaman terhadap Turki dari sisi timur Sungai Eufrat di Suriah.

Ia menambahkan Turki takkan meminta izin dari siapa pun dalam perangnya melawan organisasi teror, demikian laporan Kantor Berita Anadolu --yang dipantau Antara di Jakarta, Ahad siang.

Pada Desember lalu, Trump mengumumkan rencana untuk menarik tentara AS dari Suriah, dengan alasan bahwa pasukan Amerika "telah mengalahkan Da`esh di sana".

Beberapa anggota Parlemen dan pejabat senior AS telah menyeru Trump agar tidak meninggalkan anggota PYD/YPG saat ia menarik tentara Amerika dari Suriah.

Penasehat Keamanan Nasional AS John Bolton meminta jaminan dari Turki untuk tidak menyerang kelompok tersebut sebagai syarat bagi keluarnya AS. Pernyataan Bolton membuat marah Ankara.

Turki telah mengecam kerja sama AS dengan organisasi PKK/PYD untuk memerangi Da`esh, dan mengatakan menggunakan satu kelompok teror untuk memerangi kelompok teror lain tidak masuk akal.

Keprihatinan Turki

Wakil Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Robert Palladino mengatakan di dalam satu pernyataan bahwa kedua menteri itu menyepakati pentingnya kelanjutan konsultasi AS-Turki sebagai bagian dari "penarikan sengaja dan terkoordinasi" pasukan Amerika dari Suriah. "Menteri Pompeo kembali menyampaikan komitmen Amerika Serikat untuk menangani keprihatinan keamanan Turki di sepanjang perbatasan Turki-Suriah," kata Palladino.

Ia menambahkan Pompeo juga menekankan pentingnya tempat AS di dalam perlindungan pasukan, terutama PYD/YPG, cabang organisasi teror PKK di Suriah. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga