Harga Bagasi Pesawat Naik, Pengaruhi UMKM di Sumbar

Harga Bagasi Pesawat Naik Pengaruhi  UMKM di Sumbar Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno

Covesia.com - Kenaikan tarif untuk barang bawaan bagi penumpang Lion Air dan Wings Air mulai dari Rp 155 ribu hingga Rp 930 ribu dinilai merugikan masyarakat, terutama bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Sumatera Barat.

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno, menyebutkan bahwa kenaikan tarif barang bawaan untuk penumpang maskapai penerbangan Lion Air berdampak terhadap ekonomi dan pariwisata Sumbar.

"Selama ini kebanyakan memang yang menggunakan Lion Air adalah pelaku UMKM, sedangkan Garuda lebih kepada orang pemerintahan," ujar Irwan Prayitno di Padang, Kamis (10/1/2019).

Menanggapi hal itu, ia akan menyurati maskapai penerbangan Lion Air, untuk mengubah tarif harga barang bawaan bagi pelaku UMKM. 

"Nanti juga akan saya minta Dinas  Koperasi dan UMKM Sumbar untuk membuat surat kepada pihak Lion Air dan berdampak langsung kepada UMKM begitu juga dengan maskapai penerbangan Garuda," sebutnya. 

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, semestinya Lion Air juga tidak perlu naikan tarif barang bawaan. Sebab, dengan naiknya harga tiket Garuda, Lion Air sudah beruntung bahkan harga tiket Lion Air bisa mencapai Rp1 juta lebih. 

 "Semestinya Lion Air  sudah beruntung, tetapi kenapa juga menaikkan harga bagasi," sebutnya.

(dil)

Berita Terkait

Baca Juga