Warga Bandung Juga Rasakan Getaran Gempa Sukabumi

Warga Bandung Juga Rasakan Getaran Gempa Sukabumi Ilustrasi (Foto: Antara)

Covesia.com - Gempa berkekuatan 5.4 skala richter (SR) yang mengguncang 113 KM Barat Daya Kota Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (8/1/2019), pukul 16.54 WIB, dirasakan hingga ke Kota Bandung.

Berdasarkan info dari BMKG, pusat gempa berada di kedalaman 10 KM, 7.85 Lintang Selatan, dan 106.48 Bujur Timur.

Terasanya getaran gempa di Kota Bandung terlihat seperti di kawasan Jalan Perintis Kemerdekaan.

Suasana di Kantor BNI Cabang Bandung mendadak gaduh. Pekerja yang berada di dalam kantor bergegas keluar gedung untuk mencari tempat aman.

"Pada keluar tadi. Di bawah gempa terasa lemah, tetapi katanya di atas gede," ujar Cucu Hidayat, seorang petugas keamanan Gedung Indonesia Menggugat.

Saat itu, Cucu kebetulan sedang ke ATM yang jaraknya dekat dengan lokasi tempat kerjanya. Ketika akan mengambil uang, ia merasakan pusing dan melihat orang yang berada di kantor BNI berhamburan keluar.

"Kaget tiba-tiba pusing. Pas keluar eh banyak orang. Katanya gempa," ujarnya.

Tidak hanya dirasakan di Jalan Perintis Kemerdekaan, getaran gempa juga dirasakan beberapa kawasan seperti Dago, Astananyar, Cicadas, dan Babakan Ciparay.

Juru bicara Basarnas Bandung, Joshua Banjarnahor mengimbau, kepada masyarakat untuk siaga akan potensi?bencana yang?bisa datang kapan saja.

"Dalam beberapa hari ini terjadi gempa, khusus di Wilayah Jawa Barat. Kami mengimbau terhadap masyarakat. Bilamana melihat temuan retakan tanah atau pohon miring, harap dilaporkan ke aparat setempat untuk mengantisipasi bila mana terjadi longsor," katanya.

Bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan, maka bisa menghubungi Basarnas Bandung untuk proses bantuan.

"Kami dari Basarnas juga siaga 24 jam bilamana ada yang membutuhkan pertolongan atau evakuasi dapat menghubungi call center 115," kata Joshua.

(ant/utr)

Berita Terkait

Baca Juga