Ini Dia Beberapa Keuntungan Bisnis Waralaba Minimarket yang Mungkin Perlu Anda Ketahui

Ini Dia Beberapa Keuntungan Bisnis Waralaba Minimarket yang Mungkin Perlu Anda Ketahui ilustrasi

Covesia.com - Mungkin anda sering memperhatikan ada banyak minimarket di lingkungan anda. Anda bisa saja berpikir sepertinya bisnis minimarket tak ada matinya, karena walau jumlahnya kelihatan sudah banyak tapi terus aja nambah. Memangnya apa sih keuntungan bisnis minimarket?

Dulu orang kalau mau jualan harus punya lapak yang kelihatan fisiknya baik yang disewa maupun dibeli. Kini, orang bisa sukses berdagang hanya dengan modal lapak virtual alias online. Tak perlu beli atau sewa tanah orang.

Bisnis selalu berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Begitu juga dengan bisnis franchise minimarket di Indonesia. Orang-orang dulu melihat fungsi minimarket ya buat beli barang kebutuhan. Tapi sekarang tak lagi karena minimarket menjelma jadi toko serbaguna, tak cuma serba-ada.

Minimarket tidak hanya mengandalkan pemasukan dari barang dagangan di etalase. Ada beberapa sumber laba lain yang cukup menjanjikan buat minimarket, misalnya:

  1. Penjualan tiket 
  2. Sewa lokasi ATM
  3. Pembayaran listrik
  4. Pembayaran air
  5. Pembayara cicilan sepeda motor
  6. Pembayaran telepon/internet
  7. Bayar e-commerce
  8. Pembayaran BPJS

Dalam menyediakan layanan penjualan dan pembayaran itu, minimarket tidak kasih gratis. Ongkos dalam layanan ini disebut biaya administrasi.

Biaya administrasi bayar tagihan, misalnya, Rp 2.500. Rata-rata biaya administrasi di layanan lain juga segitu.

Ongkos tersebut wajar saja dikenakan karena pembeli mendapat kemudahan untuk membayar tagihan di minimarket itu. Kalau beli di minimarket, tak perlu antre atau ke bank pagi-pagi.

Hal ini juga berlaku buat pembayaran yang lain. Yang kredit motor misalnya. Kalau minimarket lebih dekat dari rumah, kenapa mesti jauh-jauh ke leasing buat bayar cicilan?

Karena itu, tak sedikit masyarakat yang memilih minimarket buat bayar tiket dan lain-lain. Alasannya seragam: tak bikin repot.

Jadi, tak mengherankan kalau banyak orang tergiur keuntungan franchise minimarket di Indonesia. Selain bisa mempertebal pundi-pundi dari barang dagangan, pengelola minimarket itu bisa tambah sukses lewat fungsi payment point toko serbaguna tersebut.

Apalagi kalau ada lokasi di minimarket yang disewa bank buat dijadiin lokasi ATM mereka. Biaya sewa ATM lumayan besar. 

Gimana? Ingin coba keuntungan franchise minimarket di Indonesia? Sabar dulu. Jangan sampai melihat keuntungan saja, karena bisnis itu soal untung dan rugi.

Selain memperhitungkan untung dan rugi, pastikan juga segala syarat buka minimarket terpenuhi. Jangan sampai sudah beli waralabanya, bangunan sudah berdiri, tapi terus disegel pemerintah setempat karena tak memenuhi syarat.

Untuk melihat syarat dan ketentuan waralaba, hubungi langsung ke pihak yang mengelola minimarket itu. Jangan lupa tanyakan juga soal biaya-biaya yang menyertai kerja sama waralaba itu, ya.

Soalnya biaya waralaba tentu saja mengurangi laba kita sebagai terwaralaba. 

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga