Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar, Kepala Daerah ke-106 yang Digarap KPK

Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar Kepala Daerah ke106 yang Digarap KPK Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar (foto: cianjurkab.go.id)

Covesia.com - Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar ditetapkan sebagai tersangka dugaan pemerasan kepala SMP di wilayahnya. Dia jadi kepala daerah ke-106 yang menjadi tersangka korupsi di KPK.

"KPK meningkatkan status penanganan perkara ke penyidikan serta menetapkan empat orang tersangka," ucap Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (12/12/2018).

Irvan diduga memeras 104 kepala SMP di Cianjur. Pemerasan itu diduga terkait dana alokasi khusus (DAK) pendidikan yang diterima sekolah-sekolah di sana.

KPK menduga Irvan meminta atau memotong 14,5 persen dari Rp 46,8 miliar DAK tersebut. Sementara itu, bagian khusus untuk Irvan adalah 7 persen atau sekitar Rp 3,2 miliar.

Selain Irvan, ada 3 tersangka lain yang ditetapkan oleh KPK. Mereka ialah Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur Cecep Sobandi, Kepala Bidang SMP Rosidin, dan kakak ipar Irvan, Tubagus Cepy Sethiady.

Baca: Bupati Cianjur Terjaring OTT KPK Terkait Anggaran Pendidikan

(lif/dtc)


Berita Terkait

Baca Juga