Ini Tanggapan Adrianus Meliala Terkait Tudingan Novel Baswedan

Ini Tanggapan Adrianus Meliala Terkait Tudingan Novel Baswedan Adrianus Meliala (Detik.com)

Covesia.com - Penyidik senior KPK Novel Baswedan menyebut anggota Ombudsman Adrianus Meliala punya konflik kepentingan. Novel menuding Adrianus karena sebelumnya dinyatakan tak kooperatif di kasus penyiraman air keras.

"Konflik kepentingan itu kalau, misalnya saya ada hubungan darah dengan salah satu pihak, pernah terima barang dari polisi atau punya hutang budi. Saya tidak punya hal-hal tersebut," ucap Adrianus saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (11/12/2018).

Adrianus menegaskan, dia tak ada hubungan khusus dengan polisi. Sehingga, Adrianus menilai respons Novel yang menyebut dirinya punya konflik kepentingan sebagai hal yang salah.

Adrianus sebelum menjadi komisioner Ombudsman ialah komisionel Kompolnas. Dia mengaku kerap mengkritik polisi semasa menjadi komisioner Kompolnas.

"Waktu kompolnas dulu, kerjaan saya berantem terus dengan polisi. Bahkan pernah akan ditersangkakan, ingat kan?" tuturnya.

Sebelumnya, Ombudsman RI menemukan tindakan maladministrasi minor atau bersifat kecil di penyidik kepolisian dalam kasus penyiraman air keras kepada Novel. Ombudsman menilai kepolisian sudah serius dalam menuntaskan kasus tersebut. Selain itu, Ombudsman juga menyebut Novel tidak kooperatif dengan penyidik Polri dalam mengusut perkara teror air keras itu.

"Kesimpulan kami secara proses Polda Metro terlihat serius dalam melakukan kegiatan penyidikan dilihat dari berbagai kegitan yang dilakukan serta SDM yang dilibatkan namun secara proses serius dan benar tidak berarti kasus pasti terungkap," kata anggota Ombudsman Adrianus Meliala kepada wartawan di kantor Ombudsman RI, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (6/12).

(lif/dtc)


Berita Terkait

Baca Juga