Bermodal Izin Lisan, Napi Rutan Lubuk Sikaping Bebas Keluar Masuk Penjara

Bermodal Izin Lisan Napi Rutan Lubuk Sikaping Bebas Keluar Masuk Penjara Lokasi kecelakaan napi Rutan Lubuk Sikaping, M Zikra (23) berjarak sekitar 1,5 Km dari Rutan. Foto: Dok Satlantas Polres Pasaman

Covesia.com - Seorang nara pidana Rutan Kelas II B Lubuk Sikaping, Pasaman, Muhammad Zikra (23) terlibat kecelakaan di daerah itu, Sabtu (8/12/2018). Zikra bebas lalu lalang di luar penjara, hanya dengan izin lisan dan dengan alasan disuruh sipir penjara membeli tali di luar lingkungan Rutan.  

Kepala Rutan Kelas II B Lubuk Sikaping, Edi Kasman ketika dikonfirmasi Covesia.com, Sabtu (8/12/2018), mengaku kecolongan atas kejadian itu.

"Saya tadi baru dapat laporan dari sipir ada seorang nara pidana bernama M. Zikra warga Sungai Pandahan, Lubuk Sikaping mengalami kecelakaan saat disuruh membeli tali. Saya benar-benar kecolongan," tuturnya.

Dia pun meminta agar peristiwa ini tidak dipublikasi oleh wartawan.

"Mohon pak untuk tidak dipublikasikan kejadian ini. Ini bisa fatal akibatnya bagi saya," pinta Edi dalam sabungan telepon dengan wartawan Covesia.com.

Edi mengatakan, pihaknya akan mendalami kasus ini.

"Maaf pak. Kasus ini akan kita dalami. Untuk saat ini saya belum bisa berkomentar banyak. Saya ada urusan di luar rumah," sebutnya. 

Sebelumnya, M Zikra keluar Rutan lantaran ''diperintah'' membeli tali oleh sipir penjara. Zikra membeli tali dengan mengendarai Honda Supra X BA 4374 DV.

Zikra berkendara dari arah Lubuk Sikaping menuju Panti kemudian gagal mendahului truk di jalan Pilubang, Nagari Aia Manggih. 

Sekitar pukul 10.30 WIB, Zikra terlibat kecelakaan dengan pengendara lain Aldila yang mengendarai sepeda motor BA 2761 DW, sekitar 1,5 Km dari Rutan. 

Akibat kejadian itu, napi tersebut mengalami patah tulang tangan dan luka di sekujur badan. Sementara Aldila mengalami luka ringan. 

Sementara, kejadian ini masih dalam penyelidikan Polres Pasaman. 

(eri/rdk)

Baca juga: Disuruh Beli Tali oleh Sipir Penjara, Napi Lapas Lubuk Sikaping Kecelakaan di Jalan

Berita Terkait

Baca Juga