Negara Harus Tegas dalam Mengahadapi Aksi Brutal KKSB di Papua

Negara Harus Tegas dalam Mengahadapi Aksi Brutal KKSB di Papua Ilustrasi (pixabay)

Covesia.com - Pemerintah Indonesia diminta mengambil langkah tegas terhadap aksi brutal yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) terhadap pekerja proyek jembatan di Kabupaten Nduga, Provinsi Papua.

Langkah tersebut perlu segera dilakukan mengingat sudah berulang kali terjadi kontak senjata antara KKSB dengan TNI di wilayah Papua.

"Selama ini Negara terkesan terlampau lembek," tutur pakar hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Dr Wendra Yunaldi kepada Covesia.com, Rabu (05/12/2018).

Ia melanjutkan, dirinya sepakat dengan istilah yang dilontarkan oleh Menhan yang menyebut bahwa kelompok kriminal tersebut merupakan gerombolan pemberontak. 

Dengan demikian menurutnya, negara dapat segera mengambil langkah-langkah yang komprehensif  dengan melibatkan segenap unsur untuk menuntaskan segera persoalan yang berulang ini.

"Masalah ini harus segera diselesaikan. Pemerintah harus mencari solusi. Negara harus tegas," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan,  sebanyak 31 pekerja proyek jembatan di jalur Trans Papua tewas dibunuh Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB). Hingga saat ini tim gabungan masih terus memburu para pelaku keji tersebut.(adi)

Berita Terkait

Baca Juga