Asyiik! NASA Jual Tiket Wisata ke Luar Angkasa untuk Masyarakat Umum

Asyiik NASA Jual Tiket Wisata ke Luar Angkasa untuk Masyarakat Umum ilustrasi foto: Pixabay

Covesia.com - NASA dikabarkan sedang mempertimbangkan agar bisa menjual kursi bagi masyarakat umum yang ingin pergi ke International Space Station (ISS). Hal ini disebut akan menjadi salah satu sumber pemasukan baru bagi mereka.

Proposal mengenai program ini pun mulai dibuat. Nantinya, proposal tersebut harus disetujui oleh seluruh jajaran penasihat badan antariksa Amerika Serikat sebelum diserahkan ke Administrator NASA Jim Bridenstine, dikutip covesia.com dari detikINET.

Selain itu, NASA juga sedang mencari potensi yang memungkinkan logonya digunakan secara komersial. Ke depan, para astronotnya bisa saja tampil dalam iklan-iklan untuk memperkuat statusnya sebagai sebuah brand, bukan hanya lembaga pemerintahan.

Hal ini berkaitan dengan rencana pemerintah AS untuk menghentikan pendanaan secara langsung untuk ISS pada 2025 mendatang. Stasiun luar angkasa tersebut juga akan dikomersialkan lantaran rencana ini.

NASA sendiri tidak pernah mengambil untung dari penggunaan logonya oleh beberapa brand. Sebut saja Vans yang belum lama ini mengeluarkan koleksi sepatu, jaket, sampai tas berlogo badan antariksa AS tersebut.

"NASA tidak menghasilkan uang ketika sebuah brand menggunakan logo dan emblem lainnya. Ini adalah logo lembaga pemerintahan. Ini bukan brand milik perusahaan swasta, jadi kami tidak meminta semacam upah untuk ini," ujar Bert Ulrich dari divisi komunikasi NASA.

Menarik untuk ditunggu berapa harga yang akan dipatok lembaga tersebut untuk menerbangkan masyarakat sipil ke angkasa. Yang pasti, langkah ini seakan mengikuti sejumlah perusahaan antariksa seperti Virgin Galactic dan Blue Origin dalam mewujudkan wisata ke luar angkasa.

Nama pertama, perusahaan besutan Richard Branson itu sempat dikabarkan mematok harga USD 250 ribu untuk satu tiket. Sedangkan nama kedua, korporasi yang didirikan oleh Jeff Bezos, akan menjual tiket dengan kisaran harga USD 200 ribu hingga USD 300 ribu.

Berita Terkait

Baca Juga