Direktur CIA Beberkan Pembunuhan Khashoggi ke Anggota Parlemen AS

Direktur CIA Beberkan Pembunuhan Khashoggi ke Anggota Parlemen AS Ilustrasi (mirror)

Covesia.com - Direktur CIA Gina Haspel, Senin (03/12) waktu setempat, sepakat untuk memberikan penjelasan singkat kepada “sekelompok kecil” anggota parlemen Amerika Serikat (AS) tentang pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi, ungkap ketua komite hubungan luar negeri Senat.

Pengarahan tersebut akan dilakukan pada Selasa pukul 11:00 waktu setempat (23.00 WIB), ungkap Senator Bob Corker kepada jurnalis, setelah Badan Intelijen Pusat (CIA) tersebut tidak ambil bagian keika Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan Menteri Pertahanan James Matis berbicara kepada senator tentang isu tersebut pekan lalu.

Badan mata-mata itu menyimpulkan bahwa Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman “kemungkinan memerintahkan” pembunuhan Khashoggi pada 2 Oktober yang dilakukan oleh tim Saudi di konsulat negara tersebut di Istanbul, Turki, lapor The Wall Street Journal.

Jurnalis veteran tersebut merupakan kritikus Pangeran Mohammed dan telah menetap di AS, tempatnya menulis berita tentang politik di Arab Saudi dan Timur Tengah untuk The Washington Post.

The Journal, The Post dan The New York Times semuanya melaporkan bahwa CIA memiliki bukti bahwa Putra Mahkota Mohammed mengirim 11 pesan dengan ajudan dekatnya Saud al-Qahtani, yang diduga mengawasi pembunuhan tersebut, sesaat sebelum dan setelah peristiwa itu terjadi.

(ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga