Berikut Nama 24 Karyawan PT Istaka Karya yang Jadi Korban Keberingasan KKB di Nduga Papua

Berikut Nama 24 Karyawan PT Istaka Karya yang Jadi Korban Keberingasan KKB di Nduga Papua Ilustrasi - Penanganan aksi kekerasan kelompok bersenjata di Papua. Foto: Dok. Humas Polri

Covesia.com - Sebanyak 24 orang pekerja Jalan Trans Papua yang sedang bekerja di Kabupaten Nduga laporkan tewas dibunuh. Kuat dugaan ''pembantaian'' puluhan pekerja itu dilakukan kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB), pada Minggu (2/12/2018).  

Dikutip Covesia dari situs tabloidjubi.com, Wakil Ketua DPRD Nduga, Alimin Gwijange, Selasa (4/12/2018) mengatakan 24 pekerja tersebut tewas dibunuh oleh kelompok bersenjata pimpinan Egianus Kogoya.

“Ya benar. Ada 24 orang yang dibunuh. Dua lainnya melarikan diri,” kata Alimin Gwijangge.

Gwijangge mengatakan saat kejadian ia sedang berada di Timika dalam perjalanan menuju Jayapura untuk mengikuti Diklat. Namun setelah mendengar kabar tersebut, ia kembali ke Nduga.

Mengenai apakah mereka ditembak atau dibunuh dengan senjata tajam atau barang lainnya, Gwijangge belum bisa mengkonfirmasinya. Menurutnya, korban tewas ada di satu tempat yang hanya bisa dijangkau dengan jalan darat dan komunikasinya hanya menggunakan SSB.

Pada Senin (3/12/2018) sekitar pukul 15.30 waktu setempat melalui Radio SSB, Pendeta Wilhelmus Kogoya (tokoh gereja distrik Yigi) menyampaikan telah terjadi pembunuhan 24 orang di Kali Yigi dan Kali Aurak Distrik Yall Nduga.

Menurut Pendeta Wilhelmus Kogoya pembunuhan 24 orang tersebut terjadi pada hari Minggu. Para korban meninggal 24 orang tersebut merupakan pekerja jembatan Kali Yigi dan Kali Aurak. Dua tukang melarikan diri dan selamat namun belum diketahui keberadaan mereka.

24 pekerja jalan ini merupakan karyawan PT. Istaka Karya, BUMN yang mengerjakan proyek jalan Trans Papua.

Berikut nama-nama 24 orang yang tewas dibunuh seperti dilansir dari tabloidjubi:

  1. Jhony Arung
  2. Anugrah
  3. Alrpianus
  4. Muh. Agus
  5. Aguatinus T
  6. Martinus Sampe
  7. Dirlo
  8. Matius
  9. Emanuel
  10. Calling
  11. Dani
  12. Tariki
  13. Markus Allo
  14. Aris Usi
  15. Muh. Faiz
  16. Yusran
  17. Ayub
  18. Yosafat
  19. M.Ali Akbar
  20. Petrus Ramli
  21. Hardi Ali
  22. Efrandi Hutagaol
  23. Rikki Simanjuntak
  24. Marg Mare

Saat ini, polisi sedang mengejar pelaku pembunuhan.

"Saat ini personil gabungan TNI/Polri telah diterjunkan untuk mengecek informasi tersebut dan selalu siap melakukan evakuasi terhadap para korban dan menangkap para pelaku,"  tulis Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, S.H melaluit rilis kepolisian daerah Papua, Senin malam.

(rdk)

Berita Terkait

Baca Juga