Satu per Satu Massa Reuni 212 Mulai Tinggalkan Masjid Istiqlal

Satu per Satu Massa Reuni 212 Mulai Tinggalkan Masjid Istiqlal Peserta aksi reuni 212 berjalan kaki melintasi trotoar di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Peserta aksi berjalan kaki menuju stasiun terdekat usai reuni 212. Foto: Antara/ Indriani

Covesia.com - Massa Reuni 212 secara berangsur meninggalkan lokasi-lokasi yang menjadi tempat perhelatan kegiatan tersebut yang salah satunya di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (12/2/2018).

Rangkaian kegiatan Reuni 212 diisi dengan kegiatan shalat tahajud, shalat Subuh berjamaah dilanjutkan dengan kegiatan lain sampai selesai sekitar pukul 13.00 WIB.

Berdasarkan pengamatan, massa mulai keluar lokasi kegiatan silaturahim itu menuju stasiun dan halte bus terdekat. Beberapa dari mereka beranjak sebelum waktu Shalat Dzuhur, sementara lainnya menunggu menunaikan ibadah shalat berjamaah terlebih dahulu.

Sebagian lagi menuju titik parkir bus tombongan. Terdapat juga jamaah yang menuju lokasi jemput kendaraan online.

Di lain pihak, terdapat juga jamaah yang menuju kendaraan pribadinya yang telah diparkir di area dekat Istiqlal, baik mobil ataupun sepeda motor.

Seiring dengan pergerakan, jalan raya di sekitar Istiqlal padat oleh kendaraan dan massa yang mulai bergerak keluar dari lokasi Reuni 212.

Sementara itu, sebagian jamaah sebelum beranjak dari Istiqlal mereka melakukan swafoto terlebih dahulu.

Beberapa dari mereka berfoto mengenakan identitas-identitas atribut bendera, topi dan asesoris lainnya yang bertuliskan kalimat tauhid.

Untuk massa yang berasal jauh dari Jakarta, mereka menyempatkan shalat gabungan ringkas (jamak-qashar) di Istiqlal sebelum beranjak.

Sementara lainnya, memilih untuk beristirahat di Istiqlal terlebih dahulu untuk menunggu situasi agar lebih lenggang kemudian pulang.

(ant/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga