Gempa Bumi Berkekuatan 7,0 SR Guncang Alaska, Picu Peringatan Tsunami

Gempa Bumi Berkekuatan 70 SR Guncang Alaska Picu Peringatan Tsunami Ilustrasi (Ist)

Covesia.com - Gempa kuat mengguncang Anchorage, Alaska, pada Jumat (30/11/2018) waktu setempat , menyebabkan sejumlah rumah dan toko rusak serta memicu peringatan tsunami.

Gempa berkekuatan 7,0 magnitudo itu terletak sekitar 13 kilometer di utara Anchorage dan terjadi pukul 8.29 (waktu setempat), kata Survei Geologi AS (USGS).

Warga Anchorage, kota terbesar di negara bagian itu, mengunggah foto dan video kerusakan rumah dan toko mereka ke Twitter.

Gempa bumi dan beberapa gempa susulan menghancurkan jendela, membuat barang jatuh dari rak-rak toko, dan memadamkan aliran listrik para penduduk.

Peringatan tsunami dikeluarkan untuk Cook Inlet dan Semenanjung Kenai.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan, bahwa tsunami Pasifik diperkirakan tidak terjadi, dan tidak akan mengancam Hawaii.

"Semua orang berlari keluar dari kedai kopi, termasuk saya di Anchorage saat gempa terjadi," cuit Nat Herz, seorang reporter di Energy Desk Alaska, di Twitter.

"Alarm mobil berbunyi. Tetapi tidak ada kerusakan serius di sini selain barang-barang berjatuhan. Orang-orang kembali ke komputer dan rapat," kata Herz.

(ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga