Pengacara Apresiasi Kejagung Tunda Eksekusi Baiq Nuril

Pengacara Apresiasi Kejagung Tunda Eksekusi Baiq Nuril Dok. Antara

Covesia.com - Pengacara Baiq Nuril, Joko Sumadi menyambut baik sikap Kejaksaan Agung (Kejagung) menunda eksekusi kliennya yang terjerat kasus UU ITE hingga proses pengajuan Peninjauan Kembali (PK) rampung. Menurut Joko, hal itu merupakan langkah progresif Jaksa Agung M Prasetyo. 

"Yang jelas kami sangat mengapresiasi, merupakan langkah progresif dari Jaksa Agung terkait dengan penundaan eksekusi yang dilakukan Kejagung sampai adanya putusan PK. Ini terus terang sangat mengapresiasi dengan begitu bisa berkonsentrasi dengan memikirkan langkah PK yang kami tempuh, di sisi lain juga kami tidak trTE. Baiq Nuril sedianya dieksekusi pada Rabu (21/11).

"Setelah kita diskusikan, kita kaji kembali akhirnya kita mengambil kebijakan menunda eksekusi tersebut dengan mendesak supaya Baiq Nuril segera mengajukan PK. Dengan pertimbangan persepsi keadilan yang berkembang terus di masyarakat," ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Mukri saat dihubungi detikcom, Senin (19/11/2018). 

Putusan penundaan eksekusi ini, menurut Mukri, berlaku hingga putusan peninjauan kembali (PK) Baiq Nuril. Karena itu, Baiq dan pengacara didorong mengajukan PK atas putusan kasasi Mahkamah Agung (MA).

(lif)

Berita Terkait

Baca Juga