10 Tokoh Terima Penghargaan Komnas Anak Award 2018

10 Tokoh Terima Penghargaan Komnas Anak Award 2018 Saat pemberian Komnas Anak Award 2018 kepada 10 tokoh pegiat perlindungan anak. (Istimewa)

Covesia.com- Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA) menggelar Komnas Anak Awards  2018 dengan memberikan penghargaan kepada 10 orang pegiat perlindungan anak dari berbagai latar belakang dan profesi di Indonesia.

Penyerahan penghargaan dilakukan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia Yohana Susana Yembise di ruang Teater Gedung Perpustakaan Nasional Jakarta, Minggu (18/11).

Ketua Umum Komnas PA, Arist Merdeka Sirait mengatakan bahwa penetapan 10 penerima awards 2018 dilakukan sangat selektif. "Selain melakukan verifikasi juga dilakukan kunjungan lapangan untuk melihat sercara langsung kegiatan yang berhubungan dengan anak,  kemudian membahasnya dalam sidang pleno panitia Seleksi," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Senin (19/11/2018).

Ia berharap agar ke- 10 penerima Komnas Anak Awards 2018 ini bisa menjadi mitra kerja strategis Komnas Anak didaerah untuk mempromosikan, memenuhi, dan mensosialisasikan perlindungan anak.

Menurut Arist, untuk memutus mata rantai kekerasan terhadap anak dilingkungan sangat perlu melibatkan partisipasi anak. "Anak jangan hanya dilihat sebagai anak bermasalah semata tetapi marilah kita tempatkan anak sebagai bagian yang tidak bisa dipisahkan dari solusi. Inilah yang mendasari penilaian dan penetapan bagi penerima awards," ujarnya.

Ke-10 tokoh itu di antaranya, Kapolres Konawe Selatan, Sultra AKBP Hamka Mappaita, Kapolres Tanah Datar, Sumbar AKBP Bayuaji Yudha Prajas dan Kapolres Banjar, Kalsel AKBP Takdir Mattaneta.

Kemudian, dari kategori anak peduli, Bupati Gianyar Bali I Made Agus Mahayastra, M. Gusti dari Lampung dan Ketua Forum Mahasatu Kota Batu, Alvilda Alviolita Melindasari.

Selanjutnya, Kepala Perpusnas M. Syarif Bando, Askrindo Firman Berahima, Dinas PPPA Maluku Utara Masni dan Walikota Jakbar, Rustam Effendi.

(jon)

 

Berita Terkait

Baca Juga