Presiden Trump: AS Akan Simpulkan Siapa Pembunuh Khashoggi Dua Hari Kedepan

Presiden Trump AS Akan Simpulkan Siapa Pembunuh Khashoggi Dua Hari Kedepan Ilustrasi (mirror)

Covesia.com - Presiden Donald Trump mengatakan bahwa Amerika Serikat akan menyimpulkan siapa pembunuh Jamal Khashoggi dalam dua hari mendatang, Sabtu (17/11).

Pembunuhan dan kegemparan internasional yang dipicu oleh pembunuhan itu telah membuat hubungan antara Washington dan Riyadh memburuk. Aran Saudi di sisi lain berusaha mengakhiri pembicaraan tentang pembunuhan itu dan menolak seruan untuk penyelidikan internasional.

Berbicara kepada wartawan di Malibu, California setelah melakukan survei di kota yang terkena dampak kebakaran hutan, Trump mengatakan "laporan lengkap" tentang "siapa yang melakukannya" akan selesai pada Senin atau Selasa.

Pemerintah AS belum mencapai kesimpulan akhir terkait pembunuhan Jamal Khashoggi, ungkap Kementerian Luar Negeri setelah laporan CIA menyimpulkan bahwa Putra Mahkota Arab Saudi bertanggung jawab atas pembunuhan itu.

"Laporan terbaru yang menunjukkan bahwa pemerintah AS sudah membuat kesimpulan akhir tidak akurat," kata juru bicara kementerian itu Heather Nauert dalam sebuah pernyataan.

"Masih ada banyak pertanyaan yang belum terjawab sehubungan dengan pembunuhan Khashoggi. Kementerian Luar Negeri akan terus mencari semua fakta yang relevan," katanya.

"Sementara itu, kami akan terus berkonsultasi dengan Kongres, dan bekerja dengan negara-negara lain untuk meminta pertanggungjawaban mereka yang terlibat dalam pembunuhan Jamal Khashoggi."

Dia menambahkan bahwa Washington telah mengambil "tindakan tegas" terhadap individu, termasuk tindakan visa dan sanksi. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga