Hakim Federal AS Perintahkan Gedung Putih Pulihkan Hak Pers Reporter CNN

Hakim Federal AS Perintahkan Gedung Putih Pulihkan Hak Pers Reporter CNN Presiden AS Donald Trump (mirror)

 Covesia.com - Seorang hakim federal pada Jumat (16/11) memerintahkan Gedung Putih untuk memulihkan hak pers reporter CNN Jim Acosta, yang aksesnya dicabut setelah beradu argumen dengan Presiden Donald Trump.

Hakim Timothy Kelly mengeluarkan sebuah perintah penangguhan sementara yang mengharuskan Gedung Putih untuk mengembalikan akses Acosta sampai persidangan penuh digelar, kata CNN.

CNN dan grup media lainnya, termasuk favorit Trump Fox News, mendukung gugatan tersebut, yang mengklaim bahwa mencabut akses Acosta melanggar jaminan konstitusi akan kebebasan pers.

Kelly mengatakan bahwa putusannya berdasarkan pada “proses hukum” untuk Acosta, dan dia akan menggelar proses tambahan mengenai masalah konstitusi yang terancam, termasuk jaminan kebebasan pers Amendemen Pertama.

“Saya ingin menegaskan bahwa saya belum menentukan bahwa Amendemen Pertama dilanggar,” ujarnya di ruang sidang Washington.

Para pengacara CNN berargumen di persidangan pada Rabu bahwa Gedung Putih melanggar hak Amendemen Pertama Acosta untuk kebebasan berbicara dalam mencabut akses persnya. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga