Lebih dari 1.500 Imigran Tiba di Perbatasan AS

Lebih dari 1500 Imigran Tiba di Perbatasan AS Imigran Amerika Tengah - mayoritas warga Honduras - yang menuju Amerika Serikat dengan mengharapkan kehidupan yang lebih baik, terlihat di dekat pagar perbatasan Meksiko-AS yang bertuliskan "Tidak ada rintangan yang dapat mencegah kami untuk menggapai mim

Covesia.com - Sebagian besar rombongan imigran yang melintasi Meksiko, Kamis (15/11) waktu setempat, mulai tiba di perbatasan Amerika Serikat (AS), sementara sekitar 800 imigran Amerika Tengah tiba di Kota Tijuana dengan menggunakan 22 bus setelah melakukan perjalanan selama lebih dari sebulan.

“Kami akhirnya sampai di Tijuana. Saya tidak sabar untuk melihat perbatasan. Ini benar-benar perjalanan yang tiada akhir, tetapi Tuhan membawa kami ke sini,” ujar Carmen Soto, imigran Honduras yang melakukan perjalanan dengan dua anaknya.

Lebih dari 759 imigran yang melakukan perjalanan di depan rombongan utama sudah tiba beberapa hari lalu di Tijuana, yang berada di seberang perbatasan dari San Diego, California.

Lebih dari 3.000 orang lainnya masih di perjalanan, yang diperkirakan akan sampai di perbatasan pada Kamis atau Jumat dengan menggunakan bus yang diatur oleh yayasan amal, donatur swasta dan otoritas setempat.

Di seberang perbatasan, hampir 6.000 personel yang dikerahkan oleh Donald Trump tengah sibuk membangun pagar beton dan pagar dengan kawat berduri guna mencegah “invasi” menurut sang presiden.

Rombongan tersebut memulai perjalanannya pada 13 Oktober di San Pedro Sula, Honduras – lebih dari 4.300 kilometer dari Tijuana.

Para imigran bergegas menuju perbatasan Meksiko-Guatemala enam hari kemudian, terlibat bentrokan dengan polisi anti-huru-hara dan kemudian menyeberangi sungai kedua negara ketika otoritas Meksiko menolak mengizinkan mereka melintas secara berkelompok.

(AFP/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga