Cekal Koresponden CNN, Gedung Putih Sebut Miliki Kebijakan Batasi Akses Media

Cekal Koresponden CNN Gedung Putih Sebut Miliki Kebijakan Batasi Akses Media Ilustrasi (pixabay)

Covesia.com - Gedung Putih mengatakan dalam sebuah laporan hukum bahwa mereka memiliki “kebijakan luas” untuk membatasi akses media kepada presiden, membela atas haknya untuk mencekal koresponden CNN Jim Acosta, Rabu (14/11).

Laporan di pengadilan federal itu disampaikan sebagai respons atas gugatan hukum CNN, didukung oleh media lain, mengklaim bahwa keputusan untuk melarang seorang jurnalis secara spesifik melanggar perlindungan konstitusi terhadap kebebasan pers.

“Presiden dan Gedung Putih memiliki kebijakan luas yang sama untuk mengatur akses ke Gedung Putih bagi jurnalis (dan anggota masyarakat lain) yang dengan memilih jurnalis mana yang mendapat wawancara, atau jurnalis mana yang mereka akui di konferensi pers,” ungkap laporan singkat yang diajukan sebelum sidang pengadilan dalam kasus tersebut.

Laporan dari pengacara Kementerian Kehakiman itu berargumen bahwa “presiden bisa memilih untuk tidak menggelar pengarahan pers lagi dan membatalkan semua kartu pers, tanpa melibatkan perlindungan proses yang seharusnya.” (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga