PAD Terbesar Mentawai dari Pajak Hotel dan Restoran

PAD Terbesar Mentawai dari Pajak Hotel dan Restoran ilustrasi (foto: Pixabay)

Covesia.com - Hingga saat ini ada sekitar 11 item pajak yang dapat dipungut Pemda Mentawai. Namun, yang menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) berasal dari Pajak Bumi Bangunan (PBB),  Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), pajak rumah makan, pajak hotel, pajak restoran, pajak resort, dan pajak reklame.

“Saat ini kita sangat ingin memaksimalkan PAD dari pajak  hotel, resort, dan restoran resort, karena dengan menerima retribusi dari olahraga surfing, pastinya sebagian besar tamu menginap di resort atau penginapan Mentawai,”kata Rinaldi Kepala Badan Keuangan Mentawai di ruang kerjanya, rabu (07/11/2018).

Rinaldi menambahkan, bahwa tim terintegrasi yang melibatkan Dinas Pariwisata, Pol PP, DPMPTSP mencoba melakukan pengawasan secara rutin untuk meningkatkan PAD.

“Tim kita dari bidang pajak sedang berada di Peipei dalam rangka pengawasan secara rutin,”ujar Rinaldi.

Dalam hal perhitungan pajak, Rinaldi katakan dapat melakukan self assessment (menghitung sendiri) berdasarkan UU No.28 Tahun 2007, namun pihaknya tetap perlu membuktikan apakah perhitungannya benar atau tidak.

“Tahun ini sebagian besar item pajak maupun retribusi sudah melewati target yang ditetapkan. Setelah proses RAPBD, secara umum akan dinaikkan pastinya,”kata Rinaldi.

Untuk diketahui, PAD terbesar yang diperoleh dari pajak hotel telah mencapai angka Rp, 1,1 M dari target 700 juta tahun ini.

 “PAD dari pajak paling tinggi diperoleh dari hotel / resort, dan restoran resort. Sementara yang terendah yaitu pajak reklame masih Rp,16 juta dari target Rp,50 juta atau masih 32%,”urai Rinaldi.

Sementara itu Pajak Bumi Bangunan masih Rp, 252 juta dari target Rp, 700 juta atau masih 36%. Rinaldi mengatakan bahwa saat ini PBB masih dalam tahap validasi data dan perlu perbaikan data sekira 4/5 desa lagi.

Ia berharap Kepala Desa dapat memberikan data terbaru kepada pihaknya dalam waktu dekat.

Reporter: Kornelia Septin Rahayu

Berita Terkait

Baca Juga