Penasihat Keamanan: AS Akan Jatuhkan Sanksi Baru ke Iran

Penasihat Keamanan AS Akan Jatuhkan Sanksi Baru ke Iran Donald Trump bergaya di sesi foto saat berpidato di gelaran Face-to-Face With Our Future di Gedung Putih di Washington, DC, 27 Juni 2018. Nicholas Kamm/ AFP

Covesia.com - Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS) John Bolton pada Jumat (09/11) mengatakan bahwa sanksi lebih lanjut kemungkinan akan dijatuhkan kepada Iran, hanya beberapa hari setelah sejumlah langkah baru yang disebut sanksi paling berat bagi Iran diberlakukan.

Bolton mengatakan dua gelombang sanksi unilateral AS yang dikeluarkan Presiden Donald Trump pada Agustus dan yang terbaru pada Senin telah memberikan efek “yang cukup signifikan” terhadap perekonomian Iran serta aksi mereka di luar negeri.

“Saya rasa akan ada lebih banyak sanksi dalam beberapa waktu ke depan dan pemberlakukan sanksi yang lebih ketat,” ungkap Bolton kepada reporter di Paris.

Ditanya apa yang akan menjadi target sanksi tersebut, dia menjawab, “Ada hal lain yang bisa kita lakukan di bidang terorisme dan kontraterorisme.”

Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan bahwa sanksi itu akan menyebabkan perekonomian Iran merosot 1,5 persen tahun ini dan 3,6 persen tahun depan – dampak yang sering disebut oleh Trump. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga