Hasil Uji Laboratorium BNN, Lima Merek Pembalut Tak Mengandung Zat Narkotika

Hasil Uji Laboratorium BNN Lima Merek Pembalut Tak Mengandung Zat Narkotika Ilustrasi- Pembalut wanita.

Covesia.com- Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan pendalaman dan pemeriksaan terkait ada atau tidaknya kandungan narkotika dan psikotropika di dalam pembalut.

Hal ini dilakukan terkait adanya kabar soal remaja di Jawa Tengah yang mabuk dengan menggunakan air rebusan pembalut. Fenomena  ini sempat menghebohkan masyarakat Indonesia.

Menurut Kabag Humas BNN, Kombes Pol Sulistriandriatmoko, BNN telah melakukan pemeriksaan lima merek pembalut berbeda di laboratorium BNN. Pemeriksaan ini dilakukan guna mengetahui ada atau tidaknya kandungan narkotika atau psikotropika dalam pembalut- pembalut ini.

Hasilnya, kata Sulis, kelima merek pembalut yang diperiksa tidak mengandung narkotika atau psikotropika. "Laboratorium Narkotika BNN, telah memeriksa 5 merek pembalut wanita yang dibeli secara acak di sekitaran kantor Lab BNN. Hasilnya semuanya negatif, tidak ada yang mengandung narkotika maupun psikotropika," kata Sulis dalam keteranganya, Sabtu (10/11/2018).

Kendati demikian, Sulis tidak menjelaskan, kandungan apa yang membuat remaja bisa merasa 'fly’ setelah meminum air rebusan pembalut tersebut. Ia menyebut bahwa efek 'fly' yang dirasakan lebih karena sugesti yang bersangkutan. 

Sebelumnya, Deputi Pemberantasan BNN Irjen Pol Arman Depari menegaskan, pemeriksaan yang dilakukan BNN tersebut untuk menentukan sanksi hukum terhadap pengguna. Karena tidak ditemukan zat narkotika, maka para pelaku tidak dijerat hukum.

Menurut dia, tindakan remaja tersebut sudah kebablasan dan harus menjadi perhatian bersama dalam pembinaan. Ini bertujuan untuk menghindari resiko efek kesehatan yang akan muncul.

(jon)

 

Berita Terkait

Baca Juga