5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Peringati Hari Pahlawan

5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Peringati Hari Pahlawan ilustrasi

Covesia.com - Hari ini, tepat 73 tahun yang lalu terjadi pertempuran paling besar di Indonesia yakninya di  Surabaya. Peristiwa tersebut tidak dapat dilupakan begitu saja karena perang antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Britania Raya telah menelan korban masyarakat Indonesia lebih dari 16 ribu jiwa, dilansir covesia.com dari wikipedia.

Adalah Sutomo atau lebih dikenal dengan Bung Tomo yang menjadi orator ulung melalui corong radionya membangkitkan semangat pemuda indonesia untuk melawan pasukan Britania Raya.  "Lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka. Semboyan kita tetap: merdeka atau mati!" ya itulah petikan pidatonya yang terus hidup hingga sekarang meski ia telah lama tiada.

Perjuangan para pahlawan sepatutnya kita hargai, kita kenang, kita peringati, dan kita lanjutkan. Tak harus dengan turut mengangkat senjata, perjuangan pahlawan tersebut bisa kita peringati dengan berbagai hal.

1. Belajar dengan tekun serta berprestasi

Bila dahulu pahlawan harus mengorbankan harta, jiwa, dan raganya kita hari ini patut bersyukur tak harus seperti mereka lagi. Dengan belajar sungguh-sungguh dan mengharumkan nama Indonesia artinya kita turut melanjutkan perjuangan pahlawan terdahulu.

2. Mengenang pahlawan dengan mengetahui sejarahnya

Hal ini perlu kita lakukan agar tak menganggap enteng perjuangan para pahlawan terdahulu sehingga kita bisa menikmati kemerdekaan seperti sekarang. Salah satu caranya membaca biografi pahlawan.

Contoh biografi Bung Hatta yang rela menunda pernikahannya untuk Indonesia merdeka dulu, perjuangan pahlawan lainnya. Dengan mengetahui sejarah mereka kita tidak akan lagi lalai dengan kemerdekaan yang telah kita dapatkan.

3. Berkunjung ke Museum

Bila tidak cukup membaca biografi pahlawan, cara lainnya adalah dengan berkunjung ke museum. Melihat sejarah perjuangan mereka. Ada beberapa museum yang bisa kamu kunjungi diantaranya Museum Tugu Pahlawan (10 November), Museum Satria Mandala, Museum Benteng Vredeburg, Museum Konferensi Asia Afrika, dan masih banyak museum yang lainnya.

4. Menonton film pahlawan

Selain baca biografi dan berkunjung ke museum kamu juga bisa menonton film yang menceritakan perjuangan pahlawan. Seperti film Jenderal Soedirman,  Guru Bangsa: Tjokroaminoto, Soekarno, Sang Pencerah,  Pengkhianatan G 30 S/PKI, Tjoet Nja' Dhien,  Battle of Surabaya, Tapak-Tapak Kaki Wolter Monginsidi (1982), Soerabaia 45 (1990), dan masih banyak film lainnya.  

5. Ziarah ke makam pahlawan

Hal ini perlu juga kamu lakukan untuk memperingati hari Pahlawan. Dengan membacakan doa juga mengenang kembali perjuangan mereka.

Jadi, apa yang kamu ingin lakukan untuk memperingati hari Pahlawan? 

Magang: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga