Sosiolog Afrizal: Ikat Anak di Pohon, Orang Tua Perlu Dukungan Lingkungan

Sosiolog Afrizal Ikat Anak di Pohon Orang Tua Perlu Dukungan Lingkungan Sosiolog Universitas Andalas (Unand) Padang Sumatera Barat, Prof. Afrizal (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Sosiolog Universitas Andalas (Unand) Padang Sumatera Barat, Afrizal menilai tindakan orang tua yang mengikat anaknya di salah satu pohon di Ruang Terbuka Hijau Taman Imam Bonjol Padang disebabkan oleh lemahnya dukungan yang diperoleh sang orang tua.

Menurut Guru Besar Jurusan Sosiologi Unand ini kondisi ini lebih disebabkan oleh keterpaksaan orang tua dalam memenuhi ekonomi sebagai sumber kehidupan dengan kondisi memiliki anak yang berkebutuhan khusus.

"Sebenarnya ini tidak diperbolehkan, namun kondisilah yang memaksa si orang tua untuk melakukan hal itu, karena ya itu tadi kurangnya mendapat dukungan dari segi ekonomi dan sumber penghidupan," ungkapnya saat dikonfirmasi Covesia.com, Jumat (9/11/2018).

Sebenarnya lanjut Prof.Afrizal merawat anak dengan kebutuhan khusus atau Autis memang butuh pengawasan ekstra dari orang tua. Banyak orang tua yang sengaja berhenti bekerja untuk merawat sang anak tetapi memiliki sumber pemasukan (ekonomi) yang lain, namun lanjutnya dalam kondisi ini orang tua tidak bisa berhenti bekerja karena jika sang orang tua berhenti bekerja sumber kehidupan mereka juga akan hilang.

Lebih lanjut Afrizal menilai pemerintah seharusnya dapat memberikan bantuan atau memaksa mengambil anak ini untuk dirawat karena juga telah diatur dalam Undang-Undang perlindungan anak.

"Pemerintah semestinya tau bagaimana menyikapi anak-anak yang sengaja diterlantarkan orang tuanya. Pemerintah bisa memaksannya untuk merawat sang anak," tambahnya.

Sebelumnya diketahui Bujang (bukan nama sebenarnya) (15) sudah 7 tahun diikat orang tuanya di salah satuh pohon beringin di Taman Imam Bonjol.

"Ia diikat oleh ibunya yang sehari-hari bekerja sebagai penjual asongan di Pasar Raya, biasanya sang ibu anak itu datang membawa nasi, kemudian sorenya baru dibawa pulang," ujar salah seorang pedagang dikawasan RTH Imam Bonjol Padang yang enggan disebutkan namanya.

Menurutnya, anak tersebut sudah 7 tahun berada di bawah pohon beringin tersebut. Dulu kondisi anak itu cukup bersih, cuma mungkin setelah beranjak dewasa dan tenaganya sudah kuat orang tuanya jarang sekali membersihkannya. 

Baca: Diduga Sering Mengamuk, Bocah Malang ini Diikat di Bawah Pohon Beringin

Baca juga: Dinilai Langgar Hukum, Pakar: Orang Tua Ikat Anak di Pohon Bisa Dijerat UU Perlindungan Anak

(utr)

Berita Terkait

Baca Juga