Dinilai Langgar Hukum, Pakar: Orang Tua Ikat Anak di Pohon Bisa Dijerat UU Perlindungan Anak

Dinilai Langgar Hukum Pakar Orang Tua Ikat Anak di Pohon Bisa Dijerat UU Perlindungan Anak Bocah malang yang diikat oleh orang tuanya di sebuah pohon Beringin di RTH Imam Bonjol Padang, Kamis (8/11/2018)(Foto: Covesia/ Fadil)

Covesia.com - Pakar Hukum Pidana Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Mudzakkir menilai segala bentuk perbuatan yang menyiksa anak merupakan tindakan melanggar hukum dan dapat dijerat dengan Undang-Undang perlindungan anak.

Hal ini disampaikan menanggapi kisah Bujang (bukan nama sebenarnya) yang sengaja diikat oleh orang tua kandungnya di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Imam Bonjol Kota Padang dengan alasan Bujang yang mengidap autis kerap mengamuk.

"Iya itu sudah melakukan pelanggaran hukum karena menyiksakan. Apalagi ditinggalkan begitu saja disana tampa pengawasan," ungkapnya saat dikonfirmasi Covesia.com, Jumat (9/11/2018) pagi.

Ia juga menjelaskan untuk menghadapi anak dengan kebutuhan khusus seperti itu seharusnya orang tua jika memiliki kemampuan maka dibawa ke lembaga-lembaga khusus maupun psikolog.

Namun jika orang tua tidak mampu maka lanjut Mudzakkir diminta untuk diserahkan kepada negara dengan dipelihara oleh panti-panti sosial atau dinas sosial.

"Sebenarnya apa yang dilakukan Dinas Sosial Kota Padang sudah benar dengan meminta si anak untuk dipelihara dan dirawat negara," tambahnya.

Namun demikian, lanjut Mudzakkir pemerintah setempat harus menangani kasus ini dengan pendekatan persuasif terlebih dahulu, yakni dengan melakukan pembinaaan terhadap orang tuanya sehingga paham apa sebenarnya yang harus dilakukan sebagai orang tua, jika tidak bisa baru dilakukan tindakan hukum.

Sebelumnya diketahui Bujang (15) sudah 7 tahun diikat orang tuanya di salah satuh pohon beringin di Taman Imam Bonjol.

"Ia diikat oleh ibunya yang sehari-hari bekerja sebagai penjual asongan di Pasar Raya, biasanya sang ibu anak itu datang membawa nasi, kemudian sorenya baru dibawa pulang," ujar salah seorang pedagang dikawasan RTH Imam Bonjol Padang yang enggan disebutkan namanya.

Menurutnya, anak tersebut dulu kondisi anak itu cukup bersih, cuma mungkin setelah beranjak dewasa dan tenaganya sudah kuat orang tuanya jarang sekali membersihkannya. 

Baca: Diduga Sering Mengamuk, Bocah Malang ini Diikat di Bawah Pohon Beringin

(utr)

Berita Terkait

Baca Juga