10 Wanita Lesbian di Padang Berperan Sebagai 'Butchy'

10 Wanita Lesbian di Padang Berperan Sebagai Butchy 10 wanita yang diduga lesbian diamankan Satpol PP Padang (Foto: Humas)

Covesia.com - Sebanyak 10 wanita lesbian yang diamankan Satpol PP Padang pada Minggu (4/11) ternyata berperan sebagai 'Butchy' (laki-laki) dalam hubungan asmara mereka. Butch merupakan istilah dalam komunitas lesbian untuk mendeskripsikan sifat maskulin dalam seorang wanita.

Kepala Dinas Sosial Kota Padang Amasrul melalui Kabid Rehabilitasi Sosial Dewi Ria kepada Covesia, Kamis (8/11/2018) mengatakan informasi itu diperoleh dari pengakuan ke-10 wanita tersebut.

"Ternyata setelah di assesment mereka berperan sebagai 'lakinya.' Mereka kan perempuan, tapi dalam kehidupan sehari-hari mereka berperan sebagai laki-laki," kata Dewi. 

Ke-10 perempuan itu tinggal di dua daerah berbeda. Beberapa di antaranya tinggal di rumah kontrakan di Perumahan Cendana Mata Air, Padang Selatan dan lainnya tinggal di rumah kontrakan di Kelurahan Simpang Haru.

Mereka berasal dari dua keluarga. Beberapa di antara mereka punya hubungan kekerabatan. 

"Mereka itu bersaudara, ini kemenakannya, ini adiknya, ini sepupunya," jelas Dewi. 

Dewi menyebutkan, separuh dari mereka merupakan warga luar Kota Padang yang tinggal dan mengontrak rumah di dua daerah itu. 

Sementara itu, mereka saat ini telah dikembalikan ke pihak keluarga dengan persyaratan. 

"Mereka baru kali ini ditangkap. Mereka telah dikembalikan ke keluarga dengan persyaratan. Merak dijemput orang tua dan eteknya (tante)" katanya.

Dewi menambahkan, mereka bekerja serabutan, ada yang bekerja di salon, di cafe, dan ada yang bekerja sebagai petugas parkir.

Dinas Sosial Padang menjanjikan akan melakukan pelatihan keterampilan dan memberi modal usaha kepada ke-10 wanita tersebut. 

"Nanti saat ada program pelatihan, kami akan panggil kembali mereka untuk mengikuti program," sebut Dewi.

Kasus ditangkapnya sejumlah wanita yang diduga sebagai lesbian ini baru pertama kali terjadi. 

Sebelumnya, Satpol PP Padang mengamankan ke-10 wanita tersebut setelah mendapat laporan dari masyarakat terkait beredarnya foto wanita yang berpelukan dan berciuman yang diunggah ke facebook.

(don/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga