Mesir Nyatakan Siap Berikan Dukungan Militer untuk Negara Teluk Jika Terancam

Mesir Nyatakan Siap Berikan Dukungan Militer untuk Negara Teluk Jika Terancam Ilustrasi (egypttoday.com)

Covesia.com - Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi menjanjikan dukungan militer untuk negara-negara Teluk Arab jika keamanan mereka terancam, seperti dilansir harian negara Al-Ahram, Rabu (07/11).

“Jika keamanan Teluk mengalami ancaman langsung, Mesir akan mengerahkan pasukannya untuk mendukung saudara-saudaranya,” kata Sisi dalam pertemuan media di resort Laut Merah Sharm el-Sheikh.

“Mesir akan selalu mendukung saudara-saudara kami di Teluk,” katanya, tanpa menyebutkan sumber ancaman dari luar.

Arab Saudi dan Uni Emirat Arab telah menyuntikkan dana triliunan rupiah untuk ekonomi Mesir sejak militernya -- yang saat itu dipimpin Sisi -- menggulingkan presiden Mohamed Morsi pada 2013.

Sisi berhasil memenangi pemilihan umum Mesir 2014 dan menindak keras oposisi, termasuk organisasi Ikhwanul Muslimin pimpinan Morsi. Dia terpilih kembali dengan 97 persen suara pada Maret tahun ini.

Bersama dengan Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Arab Saudi, Mesir memutuskan hubungan diplomatik dan ekonomi dengan Qatar pada Juni 2017, menuduhnya terkait dengan kelompok ekstremis dan terlalu dekat dengan Iran. Namun, Doha membantah tuduhan tersebut. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga