Koalisi AS Tewaskan Puluhan Ektremis di Ladang Minyak Suriah Timur

Koalisi AS Tewaskan Puluhan Ektremis di Ladang Minyak Suriah Timur Ilustrasi (mirror)

Covesia.com - Serangan udara koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) terhadap kelompok ISIS menewaskan 20 ekstremis pada Rabu (07/11) ketika mereka menyerang sebuah ladang minyak di Suriah timur, kata sebuah kelompok pengawas.

"Serangan udara koalisi di ladang minyak Tanak menewaskan 20 anggota ISIS, " lokasi yang menjadi markas Pasukan Demokratik Suriah yang didukung AS, kata Observatorium HAM Suriah yang berbasis di Inggris. 

Sedikitnya 65 ekstremis ISIS tewas di sekitar daerah kantong terakhir mereka di Suriah meski ada gencatan dalam serangan dua bulan yang dipimpin Kurdi, kata kelompok pemantau pada Rabu.

Pasukan Demokratik Suriah yang didukung AS itu mengumumkan gencatan di provinsi timur Deir Ezzor pekan lalu sebagai aksi protes atas serangan Turki terhadap posisi Kurdi di sepanjang perbatasan utara Suriah.

Namun, gelombang serangan udara koalisi AS itu sejak Senin telah menewaskan 48 ekstremis, termasuk selama dua serangan ISIS di ladang minyak utara dari daerah kantong Hajin, kata Observatorium HAM Suriah.

Pada Selasa para ekstremis melancarkan serangan di ladang minyak Azrak, diikuti oleh serangan pada Rabu di ladang minyak Tanak, markas anggota SDF yang didukung AS, tambah kelompok itu.

Seorang juru bicara koalisi belum memberikan komentar terkait serangan itu. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga