LPSK Apresiasi Polri Bayar Hak Iwan Korban Salah Tembak di Sumbar

LPSK Apresiasi Polri Bayar Hak Iwan Korban Salah Tembak di Sumbar Korban salah tembak, Iwan Mulyadi saat berada di Polda Sumbar. (foto: dok. PBHI)

Covesia.com- Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) memberikan apresiasi terhadap Polri dalam hal ini Polda Sumatera Barat (Sumbar) yang telah membayar uang ganti rugi sebesar Rp 300 juta kepada korban salah tembak, Iwan Mulyadi yang merupakan warga Kinali, Pasaman Barat.

“LPSK memberi apresiasi kepada Polri yang sudah menjalankan putusan pengadilan membayar ganti rugi kepada Iwan Mulyadi korban salah tembak,” kata Wakil Ketua LPSK, Edwin Partogi Pasaribu kepada Covesia.com, Selasa (6/11/2018).

LPSK berharap pemberian ganti rugi ini dapat menjadi pelajaran berharga agar Polri ke depan lebih berhati hati dalam melakukan tindakan. Di mana Kepolisian harus tetap meperhatikan hak asasi manusia.

“LPSK juga berharap pemberian ganti rugi sebagai wujud Polri tidak anti kritik dan komitmen melindungi rakyat,” ujar Partogi.

Menurut dia, terkait kasus ini, LPSK sejak 2014 mendorong agar putusan pengadilan ini dapat terealisasi. Ia juga menyebut bahwa LPSK telah berkomunikasi dengan Kapolri sejak masa kapolri Sutarman, hingga menteri keuangan.

“Komunikasi LPSK dengan dirjen keuangan kementerian keuangan yang dilanjutkan dengan pertemuan tripatrit dengan Polri kemudian memastikan pembayaran ganti rugi trealisasi pada hari ini,” jelas dia.

Ia menjelaskan, bahwa komunikasi terakhir pihak LPSK dengan Kementerian Keuangan terkait hak Iwan Mulyadi berlangsung sejak  bulan September ini.

“Bahkan sempat tercetus ide dari Kemenkeu agar LPSK saja yang membayarkan ganti rugi berdasarkan putusan pengadilan tersebut,” jelas dia.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Ketua LPSK Lili Pintauli Siregar. Ia menyambut baik dan mengapresiasi langkah Polri yang sudah memberikan hak Iwan. “Alhamdulillah. Bagus walau tidak ada kata terlambat. Setidaknya Polisi patuh hukum atas putusan yang memerintahkan Iwan diberi hak kompensasi atas gugatan yang telah dia lakukan melalui kuasanya PBHI Sumbar,” papar dia.

Ia juga berharap agar hal ini tidak terjadi kepada Iwan lainnya (korban salah tembak lainnya).”Harapanya tidak akan terjadi  (terhadap) Iwan Iwan lainnya. Kasihan korban berjuang terlalu lama,” tandas Lili.

Polri melalui Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat sudah membayarkan uang ganti rugi (immateril) terhadap korban salah tembak Iwan Mulyadi warga Kinali, Pasaman Barat hari ini, Selasa (6/11).

"Alhamdulillah, pihak kepolisian melalui Polda Sumbar sudah membayarkan ganti rugi immateril yang menjadi hak dari korban salah tembak Iwan Mulyadi secara langsung sebesar Rp300 juta. Tadi langsung diserahkan oleh Kapolda Sumbar, Irjen Pol. Drs. Fakhrizal, di Aula Polda," kata Ketua Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM Indonesia (PBHI) Sumbar, Wengki Purwanto, selaku kuasa hukum Iwan Mulyadi.

Baca juga: PBHI Apresiasi Iktikad Baik Polri Tunaikan Hak Iwan Mulyadi

(jon)

 

 

Berita Terkait

Baca Juga