LGBT Marak di Sosmed, Pakar: Perlunya Semua Pihak Perketat Pengawasan Anak

LGBT Marak di Sosmed Pakar Perlunya Semua Pihak Perketat Pengawasan Anak Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Covesia.com - Pakar Antropologi Universitas Andalas (Unand) Padang, Sri Setyawati menyebutkan bahwa kontrol dari semua aspek diperlukan untuk membatasi penyebaran perilaku menyimpang Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender (LGBT) di Sumatera Barat. Selain peran keluarga, tentunya pemerintah dan Ormas Islam satu suara dalam mencegah perilaku tersebut. 

"Antropologi berbicara budaya, jadi ada budaya yang ideal dan ada yang tidak. LGBT termasuk budaya yang tidak ideal. Mereka dipinggirkan oleh masyarakat namun perkembangan teknologi telah menjadikan mereka eksis seperti yang terjadi akhir-akhir ini," ujar Sri Setyawati kepada Covesia.com di Padang, Senin (5/11/2018).

Perkembangan teknologi juga memberikan ruang bagi orang-orang yang selama ini terpinggirkan oleh masyarakat.

"Setiap yang dianggap tidak baik oleh masyarakat pasti terpinggirkan, namun melalui jejaringan sosial media mereka bisa menampilkan diri kepada publik dan ini dilihat oleh semua usia," sebutnya.

Makanya, pemerintah, ormas islam dan masyarakat dalam hal ini harus satu suara untuk menolak perilaku ini berkembang di Sumbar.

"Jangan hanya kalau masih keluarga kita dibiarkan saja, kalau sudah begitu nantinya mereka juga dapat mempengaruhi generasi muda untuk berperilaku sama seperti mereka. Ini yang harus kita antisipasi bersama," ujarnya.

(dil/dnq)

Berita Terkait

Baca Juga