Uang Ganti Rugi Iwan Mulyadi Dibayarkan Desember, Taslim Apresiasi Polda Sumbar

Uang Ganti Rugi Iwan Mulyadi Dibayarkan Desember Taslim Apresiasi Polda Sumbar Iwan Mulyadi

Covesia.com - Mantan Anggota Komisi III DPR RI Taslim Chaniago mengapresiasi Kepolisian Daerah (Polda) Sumbar yang akan membayarkan uang ganti rugi Iwan Mulyadi Desember mendatang.

"Beberapa waktu ini kita selalu memantau soal pemberitaan Iwan Mulyadi, terakhir kita mendapat informasi sudah ada kesepakatan antaa Polda dan kuasa hukum, ini kita apresiasi," tegas Taslim kepada covesia.com, Senin (5/11/2018).

Menurutnya, hak Iwan Mulyadi yang nilainya Rp300 juta itu memang harus segera direalisasikan agar bisa digunakan korban untuk keperluannya.

"Disamping mematuhi putusan pengadilan, ini juga soal kemanusiaan. Dimana saat ini Iwan Mulyadi lumpuh akibat salah tembak, tentunya dia butuh biaya untuk hidupnya," jelas Politisi PAN tersebut.

Taslim juga meminta agar pembayaran uang ganti rugi tersebut bisa dilakukan tepat waktu sesuai hasil pertemuan kuasa hukum Iwan Mulyadi dan Polda Sumbar.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM Indonesia (PBHI) Sumbar Wengki Purwanto menyebutkan bahwa Polda Sumbar tengah mengusahakan uang ganti rugi terhadap Iwan Mulyadi dan bisa dicairkan pada Desember mendatang.

"Kita telah lakukan pertemuan dengan Kabidkum Polda Sumbar dan mereka menyatakan bahwa untuk uang ganti rugi immateril sebesar Rp. 300 juta sudah dimasukkan dalam daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) 2018, jika tidak ada halangan Desember mendatang sudah bisa diserahkan ke Iwan," ujar Wengki yang merupakan kuasa hukum Iwan Mulyadi saat di konfirmasi, Senin, (5/11/2018).

Kata Wengki, Polda Sumbar sudah mengajukan anggaran perubahan dan masih menunggu ACC dari Asistensi Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kapolri. " Nanti pembayaran akan dilaksanakan melalui Pengadilan Negeri Pasaman Barat," sebutnya.

Menurut Wengki, hal ini tidak terlepas dari dorongan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) yang juga telah menyurati Polri untuk segera menyerahkan uang ganti rugi immateril sebesar Rp. 300 juta kepada Iwan.

"Kemudian juga ada petunjuk dari Kementrian Keuangan untuk melaksanakan putusan Pengadilan Negeri Pasaman Barat yang telah memutuskan bahwa pihak Polri harus menyerahkan uang ganti rugi kepada Iwan," jelasnya. 

Jika dilihat dari perkembangan sebelumnya, tahun ini sudah ada kemajuan untuk menyelesaikan hak Iwan sejak diputuskannya oleh Pengadilan Negeri Pasaman Barat sejak tahun 2011 lalu.

"Ada iktikad baik saya lihat dari pihak Polri, mudah mudahan di bulan Desember hak Iwan segera diserahkan oleh Pengadilan Negeri Pasaman," ujarnya.

Baca Juga: Uang Ganti Rugi Iwan Mulyadi Dibayarkan Desember

(lif)

Berita Terkait

Baca Juga