MAKI Minta Amien Rais Dukung KPK Bersihkan PAN dari Perilaku Korupsi

MAKI Minta Amien Rais Dukung KPK Bersihkan PAN dari Perilaku Korupsi Kordinator MAKI, Boyamin Saiman. (dok.pribadi)

Covesia.com- Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman menyesalkan sikap Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang sempat mendatangi gedung KPK untuk bertemu Ketua KPK Agus Rahardjo terkait pencekalan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Taufik Kurniawan.

Menurut dia,  Amien Rais seharusnya bisa mendukung KPK untuk memberantas perilaku tindak pidana korupsi di partainya. “Semestinya pak Amien Rais mendukung KPK membersihkan PAN dari perilaku korupsi. Sehingga Kami menyesalkan tindakan beliau yang terkesan intimidasi KPK,” kata Boyamin saat dihubungi Covesia.com, Senin (5/11/2018).

Ia pun mengajak Amien Rais untuk bersama- sama membongkar kasus korupsi besar yang belum diproses tuntas oleh KPK. Namun, kata dia, hal ini harus didukung dengan data yang akurat. “Jika pak Amien Rais memilik data kasus korupsi yang lain, yang lebih besar namun belum diproses KPK, maka Kami ajak untuk bersama bongkar dan bersama- sama maju gugat Praperadilan,” tegas dia.

Jika memang dilengkapi dengan data, ia menyebut, MAKI siap memberi dukungan gugatan KPK ke praperadilan. “Pak Amien cukup ikut tandatangan gugatan praperadilan dan selebihnya serahkan kepada Kami,” tandas Boyamin.

Boyamin menganggap bahwa penetapan Taufik Kurniawan sebagai tersangka sudah sesuai dengan dua alat bukti yang dimiliki oleh KPK yang diperkuat dari fakta persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Semarang, Jawa Tengah.

Menurut dia, MAKI juga melakukan pemantauaan terkait perkembangan kasus tersebut. “Sudah seharusnya (ditetapkan sebagai tersangka) karena aku juga memantau persidangan di Pengadilan Tipikor Semarang. Jadi KPK sudah memiliki dua alat bukti dan diperkuat fakta persidangan,” kata Boyamin.

KPK akhirnya menahan Taufik Kurniawan sebagai tersangka yang diduga menerima suap terkait perolehan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik pada perubahan APBN Tahun Anggaran 2016 untuk alokasi APBD Perubahan Kabupaten Kebumen 2016.

(jon) 

Berita Terkait

Baca Juga