Pangeran Alwaleed: Putra Mahkota akan ''100 Persen Bersih dan Bebas'' dari Kasus Khashoggi

Pangeran Alwaleed Putra Mahkota akan 100 Persen Bersih dan Bebas dari Kasus Khashoggi Pangeran Alwaleed bin Talal. AFP

Covesia.com - Hartawan Arab Saudi Pangeran Alwaleed bin Talal, pengusaha dunia dari kerajaan itu, pada Minggu menyatakan penyelidikan resmi atas kematian wartawan Jamal Khashoggi akan membebaskan pemimpin negara itu.

Khashoggi, penulis kolom "Washington Post" penentang pemerintah Saudi dan penguasa nyatanya, terbunuh setelah memasuki konsulat Saudi di Istanbul pada awal Oktober.

Arab Saudi harus mengumumkan secara terbuka temuan penyelidikan pembunuhan itu, yang pasti akan membebaskan pemimpin Arab Saudi, kata Pangeran Alwaleed di Fox News Channel dalam acara "Sunday Morning Futures".

"Saya sekarang secara terbuka meminta Arab Saudi, melalui acara Anda, mengumumkan penyelidikan itu sesegera mungkin," katanya, "Saya percaya putera mahkota Saudi akan 100 persen bersih dan bebas." Pangeran Alwaleed pada tahun lalu ditahan bersama puluhan orang kaya Saudi dalam langkah putera mahkota menggalang kekuasaan dan memperbaiki negara itu.

Pada Minggu, Pangeran Alwaleed menyatakan penahanannya "dimaafkan dan dilupakan".

Sekutu putera mahkota itu mengatakan tindakan keras pada tahun lalu adalah perang melawan korupsi dan Pangeran Alwaleed setuju.

Pangeran Alwaleed dibebaskan dari Hotel Ritz-Carlton Riyadh bersama dengan bangsawan lain, pejabat tinggi dan pengusaha, sebagian besar di antaranya mencapai penyelesaian keuangan dengan pihak berwenang.

Pangeran Alwaleed membantah laporan bahwa ia disiksa di tahanan dan pejabat melucuti kekayaannya.

(ant/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga