Massa Demonstrasi di Togo Tuntut Pembebasan Pengunjuk Rasa

Massa Demonstrasi di Togo Tuntut Pembebasan Pengunjuk Rasa ilustrasi (foto: Pixabay)

Covesia.com - Lebih dari seribu orang berdemonstrasi di ibu kota Togo Lome pada Sabtu (3/11/2018) untuk menuntut pembebasan pengunjuk rasa yang dipenjara setelah menuntut Presiden Faure Gnassingbe mengundurkan diri.

Massa berkumpul di sebuah alun-alun dalam demonstrasi yang digalang Front Rakyat "Togo Debout" (FCTD), induk dari sebuah kelompok masyarakat sipil.

Beberapa pemimpin koalisi utama, termasuk pemimpin oposisi veteran Jean-Pierre Fabre, juga menghadiri awal unjuk rasa tersebut.

"Kami ingin ambil bagian dalam unjuk rasa sampai akhir, sayangnya kami harus pergi ke Conakry untuk bertemu Presiden Alpha Conde, salah satu fasilitator dalam krisis Togo," kata Fabre.

Menurut pihak oposisi, sekitar 50 orang masih dipenjara setelah ambil bagian dalam protes untuk menuntut pengunduran diri Gnassingbe, yang telah berkuasa sejak 2005 setelah menggantikan ayahnya, yang memerintah selama 38 tahun.

Gnassingbe menentang perubahan konstitusi yang akan membatasi periode kepresidenan, yang memicu aksi penolakan nasional.

"Mereka yang masih ditahan harus dibebaskan segera dan tanpa syarat," kata juru bicara Front itu, David Dosseh.

(Ant/sea)

Berita Terkait

Baca Juga